Kolaborasi dengan Nelayan, PT Timah Tbk Tenggelamkan 50 Unit Rumpon di Perairan Kelurahan Tanjung

by -0 Views

BANGKA BARAT – Nelayan yang tergabung dalam kelompok Nelayan Tanjung Cinta Damai tampak antusias menenggelamkan sebanyak 50 rumpon di Perairan Keluarahan Tanjung, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Rabu (12/1/2022).

Kegiatan penenggelaman rumpon ini merupakan CSR PT Timah Tbk yang memberdayakan nelayan Tanjung Cinta Damai untuk membuat, menenggelamkan hingga merawat rumpon. Dimana dalam penenggelaman rumpon ini juga menggunakan perahu nelayan.

Rumpon yang ditenggelamkan berbentuk kerucut dan segi empat dimana setiap sudutnya berlobang yang di atasnya ditutup dengan daun rumbia atau daun kelapa. Penenggelaman rumpon yang merupakan rumah ikan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

Ketua kelompok nelayan Cinta Damai Tanjung Herman Achmad (63) menceritakan, pihaknya senang diajak PT Timah Tbk berkolaborasi untuk membuat rumpon ikan.

Baca Juga :  PT Timah Tbk Berikan Kado Imlek Bagi Masyarakat Tionghoa di Desa Belo Laut.

“PT Timah Tbk mengajak berkolaborasi untuk membuat rumpon ikan, biaya ditanggung PT Timah, dan kelompok nelayan membuat rumpon, pada saat pelaksanaan penenggalaman dilaksanakan bersama-sama,”ujarnya.

Ia berharap, nantinya dengan adanya rumpon ini bisa meningkatkan hasil tangkapan nelayan, sehingga tidak hanya menjaga kondisi lingkungan tapi juga bisa berdampak pada ekonomi masyarakat.

“50 rumpon Ikan ini adalah karang buatan yang ditenggalamankan di laut dengan harapan nantinya ikan dapat bermain, bersarang , bertelur sehingga membantu perkembang biakkan ikan,”jelasnya

Menurut Herman keberadaan Rumpon dapat meningkatkan perekonomiaan nelayan selain dari hasil laut juga mendukung sektor pariwisata.

“Insya Allah Rumpon rumon ini bila sudah menjadi tempat bermain ikan akan meningkatkan ekonomi nelayan, dan menjadi daya tarik bagi pemancing, mereka bisa menikmati indahnya pantai sekitar, ini dapat menggeliatkan pariwisata,” tuturnya.

Baca Juga :  Peduli Lingkungan, PT Timah Serahkan Bantuan Alat Pengangkut Sampah

Sementara itu, camat Muntok Sukandi mengapresiasi program penenggelaman rumpon Ikan, menurutnya ini merupakan bentuk kepedulian PT Timah terhadap nelayan dan alam sekitar.

“”Ini bentuk kepeduliaan PT Timah, kepada nelayan, dan alam sekitar, yang harus kita sambut baik dan kita dukung. Penenggalam rumpon PT Timah ini akan memberikan manfaat bagi nelayan, menghidupkan perekonomiaan dan membantu meningkatkan penghasilan nelayan,” tandasnya.

Ia juga berpesan agar nelayan dapat menjaga dan merawat rumpon ikan sehingga bisa berfungsi dengan maksimal sehingga manfaatnya bisa dirasakan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *