Setiap Tahun PT Timah Dukung Pelestarian Tradisi Ziarah Kute Seribu di Bangka Barat

by -0 Views

BANGKA BARAT – Pelestarian adat, budaya dan tradisi merupakan salah satu perhatian PT Timah. Berkolaborasi dengan masyarakat PT Timah mendukung kegiatan tradisi Ziarah Kute Seribu di Kelurahan Tanjung Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (20/6/2024).

Tradisi Ziarah Kute Seribu yang dilaksanakan empat hari setelah lebaran Idul Adha ini telah menjadi wisata religi bagi masyarakat di daerah Mentok maupun daerah lainnya.

Ketua Panitia Ziarah Kute Seribu Saleh Al Kaff mengatakan, Ziarah Kute Seribu semula tradisi kampung tapi kini telah dikenal berbagai daerah.

“Awalnya hanya dihadiri masyarakat Kampung Tanjung dan sekitarnya, terus berkembang setelah beberapa dekade dan mulai dikenal masyarakat Mentok dan Bangka Barat. Setiap tahun selesai Idul Adha ke 4, kita mengadakan acara Haul, dari situ mulai dikenal di luar kota Mentok. Selain peziarah di Pulau Bangka, hadir pula dari sejumlah daerah seperti Palembang, Jakarta, Bandung, Bogor dan lain-lain,” katanya.

Baca Juga :  Hanura Siapkan Tiga Kader Terbaiknya Untuk Posisi Wabup Bangka Barat - PAN Tidak Berambisi

Menurutnya, setiap tahun PT Timah mendukung tradisi Ziarah Kute Seribu yang dilaksanakan. Apalagi setiap tahun jumlah tamu yang datang untuk menghadiri ini semakin banyak.

“Kami dari panitia khususnya masyarakat Tanjung sangat berterima kasih kepada PT Timah setiap tahun mendukung kegiatan ini. Bantuan PT Timah sangat membantu untuk kegiatan Ziarah Kute Seribu,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Informatika Muhammad Ali mengatakan, Ziarah Kute Seribu telah menjadi Agenda Wisata Bangka Barat.

Baca Juga :  Pemkab Bangka Barat dan Poltekes jalin kerjasama di bidang kesehatan.

“Tradisi ini merupakan tradisi tahunan dan tahun ini merupakan tahun ke-17 yang telah menjadi Agenda wisata Bangka Barat, tradisi Ziarah Kute Seribu ini setiap tahun didatangi peziarah dari berbagai daerah ke tempat pemakaman Keramat. di Kelurahan Tanjung Kecamatan Mentok Kabupaten Bangka Barat,” katanya.

Dirinya mengapresiasi PT Timah mendukung berbagai kegiatan wisata di Bangka Barat.

“Kita berterima kasih kepada PT Timah ikut melestarikan tradisi ini setiap tahun mendukung kegiatan ini dan tidak hanya di kegiatan ini, di berbagai kegiatan pariwisata Bangka Barat, PT Timah pun hadir mendukung kegiatan-kegiatan wisata lainnya,” kata Muhamad Ali. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *