Lestarikan dan Lindungi Satwa Liar, PT Timah Bersama Alobi Foundation Lepasliarkan Dua Satwa ke Hutan Konservasi Bangka Barat

by -0 Views

BANGKA BARAT – PT Timah terus berkomitmen mendukung pelestarian satwa liar, upaya yang dilakukan diantaranya ialah melakukan konservasi dan rehabilitasi satwa liar yang dilindungi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang bersama Alobi Foundation.

Selain melakukan konservasi dan rehabilitasi, PT Timah bersama Alobi Foundation juga melepasliarkan satwa ke habitat aslinya setelah dinyatakan siap untuk dilepasliarkan.

PT Timah bersama Alobi Foundation, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat dan Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) kembali melepasliarkan Trenggiling (Manis Javanica) berjenis kelamin betina dan 1 (satu) Ekor Musang pandan (Paradoxurus Hermaphroditus) berjenis kelamin jantan ke habitat alaminya di salah satu Kawasan Hutan Konservasi di Kabupaten Bangka Barat pada Sabtu (29/6/2024) Pukul 17.00 WIB.

Manager Pusat Penyelamatan Satwa Alobi Babel Endi Riandi mengatakan, Trenggiling yang dilepasliarkan ini merupakan hasil serahan Masyarakat ke BKSDA Sumsel dan Alobi Foundation pada tanggal 15 Juni 2024.

Baca Juga :  Sat Reskrim Polres Bangka Barat Amankan Buronan Pelaku Perampokan Bersenjata Api

“Trenggiling ini lalu dilakukan upaya konservasi dan telah melalui proses rehabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa Alobi Babel Kampoeng Reklamasi Timah Air Jangkang dan saat ini sudah dinyatakan siap untuk tahap pelepasliaran dan hari ini kita melepasliarkan dua Individu satwa liar trenggiling satu ekor dan satu musang pandan.¬† Satwa yang dilepasliarkan memang satwa yang telah direhabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa Alobi Babel di Air Jangkang Hewan trenggiling merupakan serahan dari masyarakat Babel,” katanya.

Dirinya mengatakan, PT Timah berkomitmen dalam penyelamatan satwa dibuktikan dengan dukungan untuk Tim Alobi Babel melakukan kegiatan.

“Kerja sama dengan PT Timah sudah terjalin semenjak tahun 2018, PT Timah terkait perlindungan satwa sejauh ini masih berkomitmen dalam mendukung dan menjadi sponsorship pusat penyelamatan hewan yang dijalankan Alobi Babel,” katanya.

Baca Juga :  FPI BANGKA BARAT GALANG DANA UNTUK MUSLIM ROHINGYA

Ia mengatakan, PT Timah terus berkomitmen untuk mendukung pelestarian satwa liar bersama Alobi Foundation.

“PT Timah menunjukkan responbility dan pertanggungjawabannya terhadap satwa liar yang ada di Bangka Belitung khususnya,” jelasnya.

Endi berharap seluruh stakeholder dan masyarakat mendukung penyelamatan satwa liar seperti yang digaungkan Alobi dan PT Timah.

“Harapannya kita semua harus menyelamatkan dan melindungi dan menjaga satwa liar di alam, apa yang digaungkan oleh Alobi dan PT Timah hal-hal kecil yang dapat kita lakukan bersama. Satwa liar ini adalah tanggungjawab bersama seluruh stakeholder yang ada termasuk masyarakat,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *