Kolaborasi dengan Masyarakat, PT Timah Tbk Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Sungai Baru Bangka Barat *Upaya Menjaga Lingkungan

by -198 views

BANGKA BARAT – PT Timah Tbk terus menggalakkan penanaman mangrove sebagai upaya untuk menyukseskan program net zero emission pada 2060 mendatang.

Kali ini, PT Timah Tbk berkolaborasi dengan Gapoktan Tanjung Jaya dan Kelompok Nelayan Jaya Mandiri beserta Polres Bangka Barat kembali menanam ratusan batang mangrove di pesisir pantai Sungaibaru, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (14/7/2022).

Penanaman mangrove kali ini rangkaian kegiatan #FridayInTimah dengan tema Run For Earth dalam menyambut HUT ke 46 PT Timah Tbk. Kegiatan ini dihadiri Direktur SDM PT Timah Tbk, Yennita Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo, Kepala Unit Metalurgi Muntok Wiyono, Ketua Gapoktan Tanjung Jaya Hendrik, Kelompok Nelayan Jaya Mandiri, Anggota kepolisian, dan karyawan PT Timah.

Baca Juga :  Polsek Jebus Evakuasi Korban Kebakaran Ds. Air Gantang Kec. Parit Tiga Kab. Bangka Barat.

Ketua Gapoktan Tanjung Jaya Hendrik mengatakan, pihaknya merupakan mitra PT Timah Tbk dalam kegiatan penanaman mangrove sehingga mereka selalu dilibatkan dalam penanaman dan perawatan mangrove. Tak hanya itu, mereka juga menyiapkan bibit untuk mangrove yang akan ditanam.

“Penanaman hari ini di pantai Sungai Baru sebanyak 500 batang. Selama ini bekerja sama dengan menjadi mitra PT Timah Tbk telah melakukan penanaman manggrove 3000 batang. Rencana ke depan penanaman mangrove 20.000 batang. Terdiri dari bibit mangrove, pelepat, dan akasia,” tambahnya.

Menurutnya, melalui pola kemitraan ini pihaknya tidak hanya diajak menjaga lingkungan pantai dari pencegahan abrasi melainkan juga memberikan dampak ekonomi. Karena mereka melakukan proses pembibitan.

Baca Juga :  RATUSAN ANAK DI KHITAN DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT BHAYANGKARA

Senada Ketua Kelompok Nelayan Jaya Mandiri Kasdi berharap program penanaman dan pembinaan nelayan dapat terus dipertahankan.

“Kami sebagai nelayan mengucapkan terima kasih kepada PT Timah telah diajak berkontribusi dalam pelestarian pantai. Semoga program seperti ini dapat terus dilanjutkan, sekaligus membina kelompok nelayan, dan kami siap melindungi pantai agar lebih bagus dan hijau,” tukas Kasdi.

Sementara itu, Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo mengatakan, penanaman Manggrove program PT Timah sejalan dengan program institusi kepolisian

“Ini merupakan bagian dari fungsi kolaboratif kita, pihak kepolisian dan PT Timah dalam rangka untuk merehabilitasi, reboisasi lokasi-lokasi lahan penambangan, salah satunya dengan pengaman manggrove. Selaras dengan apa yang disampaikan Bapak Kapolda,” kata Kapolres.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.