Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk, Siswa Bangga Bisa Dapatkan Pengetahuan Soft Skill di Asrama * Pemda Sarankan Tambah Jumlah Kelas

by -266 views

BANGKA BARAT – Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk di SMAN 1 Pemali Bangka sangat diminati masyarakat. Setiap tahunnya jumlah siswa yang mendaftar terus bertambah. Di tahun 2022 ini sebanyak 130 tercatat mendaftarkan diri.

Bukan tanpa alasan, program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk ini memberikan pendidikan gratis dengan sistem boarding. Sehingga seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh perusahaan pertambangan timah ini.

Selain itu, untuk bisa lolos program ini, para siswa harus mengikuti rangkaian tes yang diawali tes administrasi, tes potensi akademik, psikotes,wawancara, dan tes kesehatan. Untuk itu, apabila bisa lolos program ini menjadi kebanggan bagi siswa maupun orang tua.

Hal ini seperti yang diungkapkan Hazanah (16) siswa kelas XI Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk mengaku dirinya sangat senang bisa lolos program ini. Selain mendapakan biaya pendidikan gratis, fasilitas pendidikan yang lengkap. Program ini sangat membantu ekonomi keluarganya.

Baca Juga :  Melestarikan Adat Suku Jering, PT TIMAH Tbk Dukung Ritual Maulid Agung Desa Pelangas.

“Yang membuat Hazanah bangga dan betah sekolah disini terutama fasilitasnya, terus peraturan-peraturan di asrama bisa membuat siswa mandiri dan disiplin. Kekeluargaan dan solidaritas antar siswa kuat. Sekolah di sini semua ditanggung PT Timah, orang tua Hazanah hanya mengirimkan jajan saja setiap bulannya,” jelasnya.

Ia merasa bersyukur menjadi siswa sekolah unggulan PT Timah, dan berharap program dapat dipertahankan.

“Khusus buat PT Timah, terima kasih telah mendapat pendidikan disini. Harapannya semoga PT Timah Maju dan sukses, dapat mempertahankan program kelas unggulan ini,” ucapnya.

Hal yang serupa disampaikan oleh Desta warga Air Kuang Jebus yang mengaku dirinya bisa mengembangkan kemampuan tidak hanya akademis, namun juga soft skill.

“Alhamdulillah fasilitas sekolah di sini dipenuhi oleh PT Timah. Mulai dari alat sekolah, asrama, pakaian seragam semua ditanggung PT Timah. Selain sekolah, ada banyak program ekstrakulikuler, PMS, paskibraka, diajarkan IT. Menambah pengalaman siswa, banyak yang diajarkan,” ungkap Siswa yg pernah mengenyam pendidikan di SMP 1 Jebus ini.

Baca Juga :  Gandeng PWI PT Timah Salurkan Bingkisan Ramadan Untuk Kaum Dhuafa

Tak hanya siswa, program kelas beasiswa ini sangat membantu orang tua. Seperti yang diungkapkan Norma Yunita orang tua siswa dari Desta.

“Alhamdulillah, sebagai orang tua sangat bangga anak bisa bersekolah di PT Timah. Sejauh ini sekolah sangat bermutu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikpora Bangka Barat Rukiman mengapresiasi komitmen PT Timah Tbk dalam pendidikan terutama dalam memberikan program beasiswa bagi jenjang SMA.

“Kami mengapresiasi kepada PT Timah Tbk yang selama ini tetap komitmen untuk meningkatkan kualitas SDM khususnya di Provinsi Babel dengan memberikan beasiswa bagi siswa. Semoga program ini tetap berlanjut kedepannya dan juga dapat menambah jumlah kelas unggulan PT Timah,” kata Rukiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *