Keunikan Tradisi Sedekah Laut dusun Kranji Simpang Teritip

by -922 Views

Simpang Teritip. Warga dusun Kranji, Desa Rambat kecamatan melaksanakan tradisi “Sedekah Laut”. Kegiatan dilaksanakan di pantai Batu Keranji dusun Kranji desa Rambat, dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Markus SH, Camat Simpang Teritip Sumardi, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ichsan Saufani, Kades Rambat Ali Imron, Ketua Lembaga Kelautan dan Perikanan Bangka Barat Suhaidir alias Kojek,Tokoh Adat,Tokoh pemuda , serta warga desa Rambat Minggu (1-7-2018)


Dalam sambutannya Wakil Bupati Bangka Barat Markus SH mengatakan pemerintah daerah mendukung adat “Sedekah Laut” dapat dipromosikan bukan hanya di lokal tetapi nasional. Menurut markus adat ini mempunyai ciri khas sendiri, yang harus dikembangkan dan dilestarikan.

Baca Juga :  KALIBIRU OBJEK WISATA PERCONTOHAN WISATA MENUMBING


“Sedekah laut ” adalah tradisi budaya yang harus dipertahankan, dikembangkan, dan ditingkatkaan, karena akan menjadi salah satu warisan budaya di kabupaten Bangka Barat. Saya berharap agar tradisi ini, bukan hanya dikenal ditingkat lokal, tapi di seluruh Indonesia,”harap Markus


Sementara itu kades Rambat Ali Imron menjelaskan adat “Sedekah laut” adalah tradisi turun temurun warganya, menurutnya adat ini sebagai wujud rasa syukur warga dusun Kranji kepada Tuhan, atas segala nikmat yang diberikan, baik dari laut dan darat.

Baca Juga :  Peringati Sumpah Pemuda, 2000 Peserta Ikut Lomna Senam Bedincak

“Adat ini merupakan warisan leluhur, tradisi turun temurun warga, sebagai wujud rasa syukur warga Kranji kepaada Tuhan yang telah memberikan rejeki, baik dari laut dan darat,”jelasnya

Adat “Sedekah Laut” dimulai dengan tari sambut, menyambut kedatangan wakil bupati serta para tamu yang hadir dalam sedekah laut. dilanjutkan dengan ritual selain itu kegiatan dihibur oleh musik lokal OrBus(Organ Dambus) setempat. (jnd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *