Adat Perang Ketupat Datangkan Raja Dangdut Rhoma Irama

by -832 views

Tempilang. Pesta adat Perang Ketupat desa Tempilang kecamatan Tempilang kabupaten Bangka Barat semakin meriah , karena Raja dangdut Rhoma Irama akan mengajak Berdendang dan Joged. Acara yang digelar mulai Minggu (28/04/2019) sampai Senin (29/04/2019) diperkirakan ramai dikunjungi masyarakat dari dalam luar daerah Bangka Barat terutama pada hari Senin (29/4/2019) saat Raja Dangdut menggetarkan Tempilang.

Ribuan pengunjung mulai pagi memadati sepanjang jalan desa Tempilang sampai pantai pasir kuning, ratusan kendaraan seperti merayap sampai lokasi tujuan. Polisipun sibuk mengatur arus lalu lintas yang hendak ke dalam dan keluar, bahkan kepadatan kendaraan membuat jalan macet.


Pesta adat Perang Ketupat dilaksanakan sekitar pukul 09.30 Wib dengan dihadiri oleh Bupati Bangka Barat, Kapolres Bangka Barat, dan Dandim 0431/Bangka Barat.

Polres Bangka Barat membantu pengamanan desa Tempilang yang dipadati pengunjung, Polres menerjunkan 97 personil yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Andi Haloho.

Baca Juga :  MTI Muntok Berbenah Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Tahun 2021.

Tokoh Adat desa Tempilang Keman menyampaikan tradisi Perang Ketupat merupakan tradisi turun temurun yang diwarisi leluhur, ini telah lama dijalankan sejak tahun 1801, sampai saat ini setiap tahun dilaksanakan.

“Tradisi ini merupakan adat turun temurun yang diwariskan oleh nenek moyang kita, yang dilakukan setahun sekali, Dulunya hanya 7 butir ketupat sekarang kita siapkan ratusan karena yang bisa ikut perang bisa pengunjung juga.
Alhamdulillah tradisi ini tetap terlaksana rutin dan menarik minat pengunjung dari luar tertarik kesini sekaligus ruwahan,” jelas Keman.

Polres Bangka Barat menerjunkan 100 personil mengamankan jalannya pesta adat Perang Ketupat di Pantai Pasir Kuning Desa Airlintang Kecamatan Tempilang, Minggu (28/4/2019)

Hadir dalam acara tradisi tersebut tersebut Bupati Bangka Barat,Kapolres Bangka Barat, Dandim Bangka Barat,Camat Tempilang dan warga Masyarakat yang hadir kurang lebih 3000 orang

Baca Juga :  Perang Ketupat Jadi Daya Tarik Wisata, PT Timah Komitmen Dukung Pelestarian Tradisi

Kegiatan Pesta adat perang ketupat dan Sedekah Ruwahan di Tempilang Polres Bangka Barat melakukan Pengamanan selama dua Hari dari tanggal 28 S.d 29 April 2019 diinformasikan karena Pada tanggal 29 April 2019 akan ada rencama Artis Ibu Kota Roma Irama

Polres Bangka Barat membantu pengamanan desa Tempilang yang dipadati pengunjung, Polres menerjunkan 100 personil yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Andi Haloho.

“Kami mengerahkan 100 personil gabungan Polres dan Polsek. Selain melakukan pengamanan anggota juga mengatur arus lalulintas di titik rawan macet, anggota melakukan pengaman dua hari memastikan kegiatan Pesta adat perang ketupat dan Sedekah Ruwahan berjalan dengan aman dan Lancar dan recana besok akan ada artis ibu kota Roma Irama ” ujar Kabag Ops Kompol Pebriandi Haloho S.I.K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *