Kolaborasi Dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bangka Barat, PT Timah Bina Pelaku Usaha Empek Empek Leho

by -40 Views

BANGKA BARAT – PT Timah berkolaborasi dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat untuk membina pelaku UMKM yang begerak dalam bidang perikanan seperti nelayan maupun pengolah hasil perikanan.

Program pembinaan dilakukan secara terintegrasi mulai dari mendukung peningkatan alat tangkap nelayan maupun mendukung usaha para pelaku UMKM yang begerak dalam mengolah hasil perikanan.

Kali ini, PT Timah berkolaborasi untuk memberikan penyuluhan tentang perikanan dan administrasi kepada kelompok UMKM Empek Empek Leho di Desa Belo Laut, Mentok Bangka Barat yang dilaksanakan, Senin (19/8/2024).

Penyuluh Perikanan wilayah Mentok, Dinas Perikanan kabupaten Bangka Barat Ira Triswiyana dan Ayu Permata Sari yang memberikan penyuluhan kepada administrasi Kelompok UMKM Empek Empek Leho.

Ira menjelaskan, mereka memberikan pendampingan bagi pelaku usaha perikanan seperti tentang budidaya ikan, mengolah hasil tangkapan dan nelayan.

“Salah satunya adalah pembinaan di bidang administrasi. Dimana ketika mereka akan melakukan mengajukan bantuan, kita dampingi dalam pembuatan proposalnya,” katanya.

Baca Juga :  PT Timah Bantu Pembangunan Dua Rumah Ibadah di Bangka Barat.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan PT Timah kerap membantu masyarakat Bangka Barat di sektor perikanan termasuk nelayan. Menurutnya, beberapa binaan mereka sudah mendapatkan bantuan dari PT Timah.

“Alhamdulillah peran PT Timah kepada pelaku usaha di bidang perikanan bagus, terutama untuk nelayan dan pengolah,” katanya.

Menurutnya, mereka juga sudah bekerja sama dengan mereka untuk membantu nelayan, seperti memberikan bantuan alat tangkap jaring. Anggota holding Industri Pertambangan MIND ID ini juga menyerahkan bantuan untuk alat pengolahan dan freezer bagi UMKM Ak Leho.

Kedepan, Ira berharap sinergi dapat berjalan dengan baik untuk mendukung sektor perikanan di Bangka Barat.

“Semoga sinergi dengan tetap berjalan dengan baik, ke depan harapannya dapat lebih ditingkatkan lagi kerja samanya, agar binaan kita semua bisa bisa mendapatkan dukungan dari PT Timah,” ucapnya.

Baca Juga :  Kajari Bangka Barat Terbaik Di Babel Dalam Penanganan Perkara Korupsi

Sementara itu, Ketua Kelompok UMKM empek-empek Leho Nora, mengaku selama menjadi binaan PT Timah kelompok usaha dipimpinnya mengalami berbagai kemajuan salah satunya peningakatan omset.

“Alhamdulillah semenjak dibina PT Timah, sangat dirasakan kemajuaan usaha, terutama dibidang keuangan lebih bergairah membuat empek empek, karena banyak pesanan,” sebutnya.

Menurutnya, dengan adanya pembinaan dan penyuluhan ini dapat meningkatkan wawasan mereka untuk membangun usaha lebih maju dan baik.

Komitmen PT Timah untuk memperkuat pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terus berlanjut salah satunya melalui inovasi sosial yang berkelanjutan.

Program ini dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan dengan berbasis pengembangan potensi lokal. Tujuannya adalah untuk menciptakan produk-produk yang lebih kompetitif dan berdaya saing tinggi di pasar, baik di tingkat lokal maupun nasional. (*)

Leave a Reply