Belajar Tentang Peleburan dan Pengolahan Timah, Mahasiswa AKIPBA Kunjungi Divisi Pengolahan dan Peleburan PT Timah

by -0 Views

BANGKA BARAT – Sebanyak 28 Mahasiswa Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA) melakukan kunjungan Industri ke Divisi Pengolahan dan Peleburan PT Timah di Unit Metalurgi Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

Kehadiran puluhan mahasiswa bersama empat dosen pembimbing ini disambut langsung Kepala Divisi Pengolahan dan Peleburan PT Timah Sofian Simangunsong di Wisma Sriwijaya, Rabu (29/05/2024).

Wakil Direktur AKIPBA Afriansah mengatakan, kunjungan Mahasiswa AKIPBA ke Divisi Pengolahan dan Peleburan karena ingin memberikan edukasi dan gambaran tentang proses pengolahan dan Peleburan timah untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa.

Saat ini kata dia, AKIPBA memiliki tiga Program Studi (Prodi) yakni Program Studi Pengolahan, Perawatan serta Pengoperasian. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa selain memberikan kompetensi di Kampus juga perlu dibarengi dengan wawasan dunia industri.

Baca Juga :  APDESI TANDATANGANI MoU DENGAN KEJAKSAAN DAN POLRES

“Tujuan Kita berkunjung ke bidang Pengolahan dan Peleburan PT Timah karena ketiga Prodi tersebut memiliki gambaran pekerjaan yang cocok tentang pengetahuan mahasiswa karena disini ada Ilmu Metalurgi Ekstraksi untuk peleburan biji timah serta pengolahan mineralnya,” kata Afriansah.

Ia menyebutkan, di kawasan ini juga dilengkapi dengan peralatan yang lengkap seperti alat -alat beratnya untuk melakukann pengangkutan mineral dan material. Peleburan dan pengolahan dilakukan di satu tempat dan di sini juga ada perawatan alat dalam operasional mekanikalnya.

Baca Juga :  Kabar Gembira Buat Penyelenggara Pemilu KPU 2024.

“Harapan kita yang juga merupakan harapan MIND.ID agar para mahasiswa ini memiliki wawasan dan pengetahuan tentang proses peleburan timah,” ucapnya.

Ia menyebutkan, para mahasiswa AKIPBA merupakan SDM yang sudah memiliki bekal pengetahuan tentang pertambangan yang nantinya bisa berkarir di Perusahaan Pertambangan di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengolahan dan Peleburan Sofian Simangunsong menjelaskan langsung proses pengolahan dan peleburan di PT Timah dilanjutkan dengan sesi diskusi.

“Senang sekali semuanya bisa berkunjung ke Divisi Pengolahan dan Peleburan, harapannya bisa berkerja sama dengan baik. Semoga kunjungan ini bermanfaat menambah wawasan mahasiswa AKIPBA tentang pertambangan,” kata Sofian. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *