PENYON147–Peduli Cagar Budaya, Yonif 147/KGJ Karya Bhakti Bersihkan Pesanggrahan Menumbing

by -0 Views

PILARRADIO.COM, Mentok – Prajurit Kipan A Yonif 147/KGJ beserta Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Barat melaksanakan karya bhakti gotong-royong pembersihan Pesanggrahan Menumbing, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (08/03/2024).

Bangunan Pesanggrahan Menumbing yang terletak di Mentok, Kab. Bangka Barat dibangun pada masa Hindia Belanda tahun 1927 dan telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya yang pada masa perjuangan kemerdekaan pernah dijadikan tempat pengasingan bagi beberapa tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia diantaranya Ir. Soekarno, drs. Moh. Hatta dan Sutan Sjahrir.

Baca Juga :  Bangka Barat Kembali Berduka Kandukcapil Tutup Usia

Sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian nilai sejarah dan warisan budaya tersebut, Prajurit Yonif 147/KGJ beserta Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Barat dengan suka cita melaksanakan Karya Bhakti pembersihan di sekitar bangunan Pesanggrahan Menumbing. Lumut – lumut di dinding dan bagian atas bangunan menjadi sasaran pembersihan kali ini, kegiatan ini dilaksanakan agar bangunan bersejarah tersebut menjadi bersih, terawat serta dapat tetap menjadi destinasi wisata sejarah di wilayah Bangka Barat.

Baca Juga :  Terapkan P5, SMAN SIMPANG TERITIP Gelar Gema Ramadhan.

Dalam rilisnya, Danyonif 147/KGJ menyampaikan bahwa kegiatan yang baik ini sebagai wujud nyata prajurit Yonif 147/KGJ selalu hadir di tengah masyarakat guna mewujudkan kemanunggalan TNI – Rakyat.

Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat memelihara nilai sejarah bangsa serta dapat memberikan contoh bagi semua pihak bahwasannya karya bhakti atau gotong-royong merupakan warisan budaya bangsa yang perlu dilestarikan agar tidak luntur ditelan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *