Manfaatkan Kolong Bekas Tambang, Paguyuban Berkah Tani Berhasil Budidayakan Lele *Terima Bantuan Bibit dari PT Timah Tbk

by -172 views

BANGKA BARAT – Kolong bekas tambang seluas 2 hektar di Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat dimanfaatkan untuk budidaya ikan lele.

Budidaya ikan lele ini dilakukan oleh Paguyuban Berkah Tani (PBT) ini sudah dimulai sejak satu setengah tahun lalu. Saat ini Paguyuban Berkah Tani telah memiliki 43 blok kolam lele, dimana saat ini mereka telah menjadi salah satu produsen lele di Kabupaten Bangka Barat.

Untuk mengembangkan usaha budidaya ikan lele yang dilakukan Paguyuban Berkah Tani, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan bibit lele bagi kelompok ini. Sehingga diharapkan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat.

Koordinator Bidang Perikanan Paguyuban Berkah Tani, Misdiyanto mengatakan, dalam membudidayakan lele tidak selalu berjalan mulus, ada beberapa kendala yang dihadapi untuk mengembangkan usaha mereka bahkan pernah mengalami kerugian.

Baca Juga :  UNMET PT TIMAH SALURKAN SEMBAKO MURAH

“Kolam banjir, hal ini membuat lele keluar dari penangkaran, ribuan lele hilang, selain itu ada serangan hewan Berang-Berang, selain itu harga pakan lele mahal,” ungkapnya.

Misdiyanto menceritakan bantuan PT Timah akan dipergunakan untuk pengembangan lele.

“Rencananya kamai akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Perikanan untuk mengembangkan lele dengan cara mengawinkan lele alam (linbad) dengan lele sangkuriang, sehingga kita tidak lagi membeli bibit lele,” kata Misdi.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Berkah Tani Agus Sunawan mengatakan dengan adanya tambahan bibit lele dari PT Timah Tbk, pihaknya dapat meningkatkan produksi ikan lele dan mengembangkan budidaya lele.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Direksi PT Timah, tentunya dana pembelian bibit ikan yang diberikan, sangat memberikan energi baru kami, karena Paguyuban Berkah Tani berkonsentrasi mensejahterahkan petani pembudidaya ikan,” katanya.

Baca Juga :  UNMET PT. TIMAH PROGRAMKAN KUNJUNGAN KERJA KARYAWAN

Ia menyebutkan kebutuhan ikan lele di Bangka Barat masih kurang, dengan adanya bantuan bibit drai PT Timah Tbk ini menjadi stimulus untuk meningkatkan dan mengembangkan produksi lele.

“Stimulus yang yang diberikan kepada Berkah Tani mudah-mudahan dapat dapat dikembangkan dan bisa menjadikan kami Paguyuban yang bise mensejahterahkan masyarakat yang berada di wilayah kecamatan Muntok,” ujarnya.

Bantuan bibit lele kepada Paguyuban Berkah Tani diserahkan oleh General Manager PT Timah Tbk Wilayah Bangka Belitung Robertus Bambang Susilo, di Unit Metalurgi Jumat (30/12/2021) lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.