TP PKK Bangka Barat Sosialisasikan Pengolahan Sampah

by -58 Views

Muntok – Tim penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Bangka Barat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengolahan Sampah dengan tema “Yok Kite Olah Sampah Plastik Jadi barang Begune” bertempat di OR II Gedung Sekretariat Kabupaten Bangka Barat Selasa Tanggal 03 Maret 2020. Kegiatan dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Bangka Barat, Evi Astura Markus, SH., M. Hum bersama jajaran.

Kegiatan ini mengundang peserta dari perwakilan PKK di setiap kecamatan se- Kabupaten Bangka barat. Masing masing kecamatan diminta untuk mengirimkan perwakilannya sebanyak delapan orang. Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 50 orang. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan adalah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat, Diki Anugrahardi dan Fitria Indra Sari.
Ketua Pokja 3 selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi adalah kondisi sampah rumah tangga yangperlu mendapat perhatian dalam pengelolaannya. Sistem pengolahan sampah dengan menggunakan kotak sampah yang berwarna warni seharusnya mendorong pemilihan dilakukan tiap individu atau sekurang-kurangnya di rumah masing-masing. Tujuan sosialisasi ini memberikan pengetahuan bagi anggota PKK di Kabupaten Bangka Barat mengenai tata cara pengolahan dan pemanfaatan sampah terutama sampah yang tidak bisa terurai secara alami oleh alam.

Baca Juga :  BHAKTI SOSIAL FPM BERSAMA MASYARAKAT

Dalam sambutannya, ketua TP. PKK Kabupaten Bangka Barat, Evi Astura Markus, SH. M. Hum menyampaikan Pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartispasi di dalamnya. Salah satu diantaranya adalah Pokja 3 yang memiliki tugas mengelola pangan, sandang, rumah tangga serta tata laksana rumah tangga. Menurut beliau kegiatan sosialisasi pengolahan sampah ini bertujuan memanfaatkan sampah dari aktivitas rumah tangga kita sendiri untuk diolah menjadi barang yang bermanfaat sehingga tercipta lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman untuk diri sendiri dan masyarakat luas.

Baca Juga :  Muntok Diselimuti Kabut Asap Tebal - Dinkes: Dapat Sebabkan ISPA

“Suatu pengolahan sampah dianggap baik apabila sampah tersebut tidak menjadi tempat perkembangan bibit penyakit. Tanggung jawab pengolahan sampah yaitu berawal dari diri kita sendiri. Jangan lagi membuang sampah sembarang, khususnya sampah plastic. Yok olah sampah plastik menjadi barang begune”, katanya.

“Jadikan sosialisasi dari pokja 3 ini bukan hanya menjadi rutinitas tahunan. Harapan nya setelah sosialisasi hasilnya bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan terus disampaikan dalam pertemuan-pertemuan PKK, arisan ataupun kegiatan lain yang ada di kecamatan pada waktu mendatang”, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *