DINKES BA-BAR LAKSANAKAN SOSIALISASI KANKER SERVIKS

by -661 Views

MUNTOK. Dinas Kesehatan Bangka Barat melaksanakan sosialisasi pencegahan dan pengendalian faktor risiko kanker serviks dan payudara tingkat Kabupaten Bangka Barat, dibuka oleh Ketua tim Penggerak PKK Bangka Barat H. Anissa Parhan. sosialisasi dilaksanakan di hotel Pasadena Kamis (15-3-2018)

  “Sosialisasi dilaksanakan dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat ttg penyakit kanker serviks dan payudara meliputi cara melakukan deteksi dini dan meningkatkan cakupan IVA untuk pencegahan kanker serviks.
Disebutkan oleh Kabid. Pengendalian Penyakit Dinkes Babar, Winda,

“Ketika masyarakat sudah mengetahui segala informasi, agar terjadi penurunan angka kesakitan yang disebabkan dua penyakit tersebut,”harapnya

Hj. Annisa dalam sambutannya menyebutkan bahwa salah satu penyebab kanker serviks adalah kebiasaan hidup yang kurang baik.

Baca Juga :  H. Parhan Ali Membuka Musda PPNI Bangka Barat

“terapkan pola hidup yang sehat untuk mencegah penyakit ini serta lakukan deteksi dini terhadap penyakit kanker serviks dan payudara secara rutin”, pesannya.

Bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi adalah Kepala Dinkes Provinsi Bangka Belitung, dokter SpOG dan dokter SpPA di RSUD Sejiran Setason.
Dalam paparan Kadinkes Provinsi, Mulyono, menerangkan bahwa IVA dijadikan sebagai program nasional karena hasil survey di RS Dharmais menemukan hampir 50% penyakit yang ditangani dirumah sakit tersebut adalah kanker serviks dan payudara.

“akan tetapi, kanker serviks bisa dicegah karena disebabkan virus. Selain itu, deteksi dini bisa dilakukan dengan mudah dan murah, dan bisa menurunkan lebih dari setengah kasus kejadian”, jelasnya.

Baca Juga :  Pernah Pingsan Karena Campak,Parhan Ajak Masyarakat Dukung Kampanye Meases Rubella

Sosialisasi diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Kader kesehatan, anggota PKK, pegawai lintas program, Tokoh masyarakat, dan tenaga medis.
Turut hadir dalam pembukaan sosialisasi diantaranya jajaran Dinkes Provinsi Babel, Sekretaris Dinkes Bangka Barat dan jajaran, kepala Puskesmas Muntok, perwakilan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kab. bangka Barat, perwakilan Bhayangkari Bangka Barat, perwakilan Persit Kartika Chandra Kirana daerah Bangka Barat, perwakikan DWP Bangka Barat, perwakikan TP PKK kec. Mentok, perwakilan TP PKK desa/ kelurahan se-kecamatan Mentok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *