Lestarikan Adat dan Kearifan Lokal Masyarakat, PT Timah Tbk Dukung Kegiatan Jering Culture Festival

by -0 Views

BANGKA BARAT – Untuk mendukung pelestarian adat dan kearifan lokal masyarakat di sekitar wilayah operasional Perusahaan, PT Timah Tbk mendukung kegiatan ‘Jering Culture Festival’ yang dilaksanakan di Desa Pelangas.

Anggota holding Industri Pertambangan MIND ID ini kerap mendukung kegiatan pelestarian adat dan budaya masyarakat, salah satunya Jering Festival yang telah dilaksanakan sejak 1 Muharam lalu.

Ketua Panitia “Jering Culture Festival” Rahman (29) mengatakan, rangkaian kegiatan Jering Culture Festival diawali dengan ngijok dudul, nganggung, sunatan massal, khataman di Masjid pada satu Muharam, permainan bola api dan masak Bubur Sure pada 10 Muharam.

Baca Juga :  PETANI BANGKA BARAT KHAWATIR PUPUK PALSU

Selain itu juga digelar permainan tradisional seperti nulup, gasing, andai-andai, betet, patok ayam dan patok lele. Semarak Jering Festival Culture ditutup dengan penampilan tari, silat, campak dan dambus.

“Event ini baru pertama kali dilaksanakan dan akan menjadi agenda tahunan masyarakat Desa Pelangas,” katanya.

Rahman bersyukur PT Timah ikut berpartisipasi dan mendukung kegiatan Jering Culture Festival yang mereka laksanakan ini. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya, tradisi dan kearifan lokal masyarakat Desa Pelangas.

Baca Juga :  Wujudkan Pengelolaan Keuangan Berkualitas, PPK dibekali Akuntansi berbasis Akrual

“Mewakili panitia kami mengucapkan terima kasih kepada PT Timah dan tahun depan berharap PT Timah dapat mendukung kembali Event Jering Culture Festival agar lebih meriah lagi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pelangas Hermin mengatakan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan persatuan masyarakat, sehingga beragam kegiatan bisa dikemas dalam satu event.

“Bantuan ini sangat membantu, bermanfaat sekali bagi penyelenggaraan Even Jering Culture Festival,” ungkapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *