Tim Gabungan Evakuasi Korban Laka Laut Kapal di Perairan Karang Amelia

by -69 views

MUNTOK – Tim Gabungan yang terdiri dari Basarnas, Sat Polairud Polres Bangka Barat, Personil KP. 2005 Dit Polairud Polda Kep. Babel, KP. GAGAK Dit Polairud Korps Polairud Baharkam Mabes Polri, TNI AL Muntok, Puskesmas Muntok, KSOP Muntok, KKP Muntok, BPBD Kab. Bangka Barat dan Relawan dari Fourtynine Diving Club (FNDC) Muntok Bangka Barat melakukan evakuasi korban laka Laut di perairan karang Amelia pada hari Kamis (01/12/2022).

Sekitar pukul 13.50 WIB evakuasi di Perairan Karang Amelia oleh Basarnas dan Sat Polairud Polres Bangka Barat beserta Tim Gabungan dari Personil TNI AL Muntok, KP.  2005 Dit Polairud Polda Kep. Babel, KP. Gagak Dit Polairud Korps Polairud Baharkam Mabes Polri, Puskesmas Muntok, KSOP Muntok, KKP Muntok, BPBD Kab. Bangka Barat dan Relawan dari Fourtynine Diving Club (FNDC) Muntok Bangka Barat.

Baca Juga :  Markus Sebut Penanggulangan Virus Covid Dilakukan Secara Bersama

Terkait laka laut kapal MV. Serasi 1 bermuatan Kendaraan dengan rute Patimban-Belawan yang ditubruk oleh Kapal MV. Batanghari Mas yang bermuatan Kontainer dengan rute Palembang-Jakarta sekira pukul 01.09 WIB.

Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo SIK. melalui Kasat Polair Polres Bangka Barat IPTU Sugiyanto SH, menjelaskan Kejadian laka laut tersebut Pada hari Kamis tanggal 01 Desember 2022 sekira pukul 01.09 WIB Capt. MV Serasi 1 dengan rute Patimban-Belawan sedangkan TKP di Perairan Selat Bangka, lokasi kejadian dengan koordinat 2°42,370’S 105°51,263’E tepatnya di Perairan Selat Bangka.

Menurut informasi bahwa kapal di tabrak oleh kapal MV Batanghari Mas, yang memuatan Kontainer dari rute palembang menuju Jakarta setelah menabrak kapal MV Serasi 1, kapal MV Batanghari Mas langsung meninggalkan Kapal MV Serasi 1 dan meninggalkan lokasi laka laut selanjutnya kapal MV Serasi 1 mengalami kebocoran lambung kiri dan air laut mulai masuk ke kapal.

Baca Juga :  12 RAPERDA DI SAMPAIKAN DALAM SIDANG PARIPURDA DPRD BANGKA BARAT

Selanjutnya Pada pukul 01.28 WIB Capt. KMV Serasi 1 kembali menginformasikan bahwa kapal sudah posisi “nungging” serta kru sudah menyelamatkan diri dengan menggunakan Lifecraft dan kemudian Kapten kapal melaporkan ke kantor pusat MV Serasi dan kemudian kantor pusat MV serasi melaporkan kejadian tersebut ke Basarnas Pangkal Pinang dan Tim Gabungan.

Sekira pukul 03.23 Wib Korban KMV. Serasi 1 dievakuasi oleh KMV. Lotus Ungu, untuk jumlah POB (Person On Board) yang diselamatkan dari KMV. Serasi 1 sebanyak 17 orang.

“Untuk saat ini kami dan tim gabungan Membawa 15 orang Kru KMV. Serasi 1 ke KSOP Muntok dan 5 kru ke Puskesmas Muntok guna pemeriksaan kesehatan lebih lanjut sedangkan Lifecraft KMV. Serasi 1 di sandarkan di kapal patroli Sat Polairud Polres Bangka Barat ” ujar Kasat Polair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *