Sukses Dilaksanakan di Kelurahan Tanjung, Inovasi Sosial Program Kampung Amoi PT Timah Tbk Direplikasikan di Desa Air Limau.

by -57 views

BANGKA BARAT – Untuk memberdayakan masyarakat di lingkar tambang, PT Timah Tbk kerap melakukan inovasi sosial. Upaya inovasi sosial diintegrasikan dengan program pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Salah satu inovasi sosial yang dilakukan PT Timah Tbk yakni Kampung Amoi yang merupakan akronim dari Agro Mandiri dan Terintegrasi. Inovasi sosial Kampung Amoi yang dilakukan anggota holding industri pertambangan Indonesia MIND ID ini dilaksanakan di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Tahun lalu, inovasi sosial Kampung Amoi di Kelurahan Tanjung ini sukses mengantarkan Unit Metalurgi PT Timah Tbk meraih Proper Emas. Dinilai berhasil dilaksanakan di Kelurahan Tanjung, program Inovasi Sosial Kampung Amoi ini direplikasi di Desa Air Limau.

Inovasi sosial Kampung Amoi ini juga merupakan upaya emiten Berkode TINS ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di sekitar.

Program kampung Amoi juga berusaha menjawab tingginya kebutuhan kompos dan kebutuhan bibit tanaman di pulau Bangka yang masih sangat tergantung dengan daerah lain.

Kampung Amoi juga berusaha menjawab rendahnya ketahanan pangan di wilayah Muntok, Bangka Barat karena pemenuhan komoditas seperti ikan air tawar, daging unggas, maupun sayuran yang masih bergantung kepada daerah lain.

Baca Juga :  Hilal Tidak Terlihat Di Tanjung Kalian

Melalui program Kampung Amoi, PT Timah Unit Metalurgi Muntok berhasil memberdayakan kelompok tani yang telah ada dan kelompok baru yang anggotanya didominasi oleh kelompok yang rentan seperti pekerja tidak tetap, termasuk penambang liar untuk melakukan kegiatan seperti kompostik, pembibitan, peternakan unggas dan perikanan yang terintegrasi dalam satu area.

Ketua Kelompok Tani Tanjung Jaya Hendrik mengatakan Program kampung Amo kawasan integrasi yang mempunyai kegiatan tanpa menghasilkan sampah.

“Program yang dilakukan PT Timah Unit Metalargi dengan kelompok Tani Tanjung Jaya memiliki prinsip Terintegrasi dalam suatu kawasan. Kegiatan ini tanpa menghasilkan sampah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Wanita Tani Tanjung Yusdarmi program Kampung Amoi banyak memberi manfaat pada Kelompok Wanita Tani.

“Kami dengan PT Timah mengembangkan program yang dapat mengatasi masalah yang kami alami. PT Timah memberikan pedampingan dalam pembuatan Pro-Biotik. Inovasi ini memperbesar manfaat yang kami dapat,” ujar Yusdarmi.

Baca Juga :  Tiga Partai Pengusung Masih Ogah Sebut Calon Wakil Bupati

Selain mengembangkan Inovasi sosial, PT Timah Unit Metalurgi Muntok ikut andil dalam pembangunan sarana infrastruktur dan modal awal, memberikan pelatihan teknis serta memberikan pelatihan pendukung seperti tata kelola Organisasi.

Sebagai pengembangan program tahun sebelumnya, PT Timah Unit Metalurgi bersama Kelompok Binaan telah menambah beberapa kegiatan baru yang tetap mendukung prinsip integrasi yaitu pernik kompostik, pertanian holtikoltura serta perikanan aquaponik.

PT Timah Unit Metalurgi Muntok juga mengembangkan produk olahan dari hasil panen Kampung Amoi dengan membangun Warung Amoi, sebagai sarana penjualan produk-produk hasil olahan produk binaan.

Progam Kampung Amoi ini juga memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar, para perempuan bisa mendapatkan pendapatan untuk mendukung ekonomi keluarga.

Selain itu, Program Kampung Amoi berhasil meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga, melalui replikasi aquaponik di perkarangan rumah masyarakat.

PT Timah Unit Metalurgi Muntok akan terus berinovasi demi terwujudnya kebutuhan masa kini dan masa depan, dengan motto Sejahtera Bersama Di Negeri Sejiran Setason atau yang dikenal dengan LESTARI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *