Kaum Muslimin Bangka Barat Hadiri Ziarah dan Do”a Arwah Kuteseribu

by -395 Views

MUNTOK, Ratusan Kaum muslimin menghadiri kegiatan Ziarah Do’a Arwah Kuteseribu yang dilaksanakan di pemakamakan Kuteseribu Muntok. Kegiatan dihadiri oleh para Aulia, habaib, Kiyai dan ulama, dari dalam dan luar kota Muntok, Keluarga Temenggumg pendiri kota Muntok, pengurus masjid, dan juga dihadiri oleh Gubernur Bangka Belitung H Erzaldi Rosman serta pejabat daerah propinsi dan kabupaten. Rabu (14/8/2019)


Kegiatan yang dilaksanakan pagi hari diawali dengan pembacaan Qoshidah Burdiah di surau Tanjung, terus dilaksanakan arak-arakka menuju pemakaman Jalan Keramat dibelakang masjid Jami Muntok, setelah itu dilaksanakan Yasin dan Tahlil, sambutan-sambutan dan ditutup denfan Tausyah oleh Al-Habib Al-Ustadz Zaenal Ali Abidin bin Alwy Alkaff dan Al-Habib Al-Ustadz Umar bin Alwy Assegaff.


Ketua Panitia Muhammad Asegaf menyampaikan ziarah dan doa arwah ini rutin dilaksanakan tiap tahun untuk mendoakan arwah para Aulia, Habaib, Kiyai, dan Ulama kota Muntok, para tumenggung, dan Pendiri kota Muntok, dan Pendiri masjid jami’ Muntok.

Baca Juga :  BUPATI LEPAS KHAFILAH MTQ KE TK PROPINSI

“Ini masuk ke tahun yang kesepuluh dari acara haul. Untuk itu alasan kami mewakili dari panitia niat kami kepada Allah agar mendapatkan kebaikan, demi mengenang jasa alim ulama, dan para pejuang pendiri kota Muntok” tuturnya.

Muhammad assegaff berharap kegiatan ini dapat menguatkan keimanan dan tali persaudaraan sesama umat muslim di Bangka Barat khususnya kota Muntok.

Sementara itu dalam sambutan Gubernur dalam sambutannya berharap kegiatan Ziarah Kubur Kuteseribu dapat terus ditingkatkan, ia juga ingin kota Muntok dijadikan sebagai kota Herittage agar dibenah, Ziarah Kubur menurutnya akan dimasukkan dalam agenda tahunan propinsi Bangka Belitung.

Baca Juga :  PERINGATAN ISRA MI'RAJ, BUPATI : MARI TINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIAH

“Seperti Kita ketahui kota Muntok telah dijadikan sebagai Kota Heritage. Kita ingin segala bangunan menuju ke masjid Tanjung tsb dibenah tanpa meninggalkan wujud aslinya, dibangun sekretariat Ziarah Kuteseribu disini. Kita harap agenda ini kedepan dapat dilaksanakan lebih dari satu hari, nanti akan dijadikan agenda tahunan propinsi kepulauan Bangka Belitung, “harap Gubernur

Mewakili keluarga dari tumenggung Abang Alpian menyampaikan rasa haru dan bersyukur dengan acara yang rutin dilakukan ini membuat sejarah pendiri dan pejuang negeri di Muntok masih bisa dikenang hingga saat ini.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini bermanfaat buat kita semua, semoga Allah SWT memberikan keberkahan buat kita semua” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *