PT Timah dan Kodim 0431/Bangka Barat Kolaborasi Tanam Ratusan Mangrove di Pantai Teluk Rubiah Mentok

by -0 Views

BANGKA BARAT – PT Timah berkolaborasi dengan Kodim 0431/Bangka Barat melaksanakan penanaman mangrove di Pantai Teluk Rubiah Mentok Bangka Barat, Rabu (12/6/2024).

Selain menanam mangrove, kegiatan ini juga diawali dengan bersih pantai yang diselanggarakan dalam rangka HUT ke 14 Korem 045/Gaya dan mensukseskan program unggulan Kasat Bersatu Dengan Alam di wilayah Kodim 0431/Bangka Barat.

PT Timah memberikan dukungan sebanyak 500 bibit mangrove dan patok air, sejumlah karyawan PT Timah ikut serta melaksanakan penanaman mangrove bersama dengan anggota TNI, POLRI, Pemerintah, Kecamatan dan Masyarakat.

Penanaman mangrove ini merupakan bagian dari upaya pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan yang dilaksanakan bersama stakeholder.

Komandan Kodim (DANDIM) 0431 Bangka Barat Letkol Inf. Kiemas Muhamad Nauval mengatakan, penanaman kembali bibit mangrove sebanyak 500 batang ini bentuk kepedulian Kodim 0431/Bangka Barat dan PT Timah dalam menjaga kelestarian alam Bangka Barat.

Baca Juga :  Bupati Doakan Sang Bayi Jadi Bupati

“Harapan ke depan Bangka Barat tidak hanya tumbuh maju secara ekonomi, teknologi, struktur tapi kota yang maju secara alam dan masyarakatnya juga peduli akan kelestarian alam,” jelas Dandim.

Ke depan, ia berharap program penamanan mangrove dan penghijauan ini dapat terus berlanjut dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk PT Timah.

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bangka Barat Andri Sagita mengatakan penanaman mangrove ini merupakan upaya untuk menahan abrasi pantai dan memperbaiki ekosistem pesisir.

Baca Juga :  Dengarkan Langsung Talkshow Pendidikan Universitas Terbuka Pangkal Pinang di Radio Pilar pada Hari Kamis, 8 Desember 2022, Jam 10 Pagi s.d Selesai.

“Mangrove ini ke depannya menjadi tempat berkumpulnya biota-biota laut seperti ikan, udang, kepiting dan siput serta nanti masyarakat khususnya nelayan ke depan merasakan penghijauan ini. HNSI mendukung sekali dengan program penanaman mangrove Kodim 0431/Bangka Barat bersama PT Timah,” kata Andri.

Senada dengan Andri, masyarakat sekitar sekaligus Ketua RT 02 RW 06 Yang Nurma mengaku banyak manfaat dirasakan dilaksanakan program penanaman mangrove dan pembersihan sampah di pantai.

“Lingkungan bertambah bersih, alami dan dampak ekonomi ke depan buat masyarakat khususnya mudah mencari hasil laut. Mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada TNI dan PT Timah,” ucapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *