Atlit Bangka Barat Varisha Adhylia Sabet Emas Kejurnas Pencak Silat Kapolri Cup 1

by -0 Views

MUNTOK – Pendekar Cilik Bangka Barat Varisha Adhylia (13) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Pesilat dari perguruan pencak silat Pribadi Mandiri (PPS Prima) Muntok ini berhasil menggondol medali emas nomor silat seni tunggal putri tingkat SMP pada Kejurnas Pencak Silat TNI Polri dan Pelajar, Kapolri Cup 1 Tahun 2023.

Icha, panggilan akrab Varisha Adhylia, siswi kelas VII SMPN 1 Muntok ini juga menjadi pesilat terbaik kategori seni tunggal putri tingkat SMP KONI Provinsi Bangka Belitung.

Perhelatan kejuaraan pencak silat level nasional itu di gelar di GOR POPKI Cibubur Ciracas Jakarta Timur pada tanggal 3 – 5 Maret 2023.

Menurut sang ayah, Adhy Reeza, persiapan yang dilakukan putri keduanya untuk menghadapi Kejurnas Kapolri Cup 1 antara lain, di samping latihan dengan PPS Prima bersama pelatih sekaligus Ketua IPSI Ivan Setiawan, Icha juga ikut berlatih dengan atlet – atlet lainnya di kontingen Bangka Barat untuk persiapan Porprov VI di bawah asuhan pelatih Ahli Mulyono.

“Walaupun Icha belum bisa ikut di Porprov nanti karena usianya belum cukup, tapi dia juga ikut latihan untuk kontingen Bangka Barat. Dia juga latihan di perguruan pencak silat Prima, tempatnya bernaung,” jelas Adhy Reeza di Sekretariat KONI Bangka Barat di Muntok, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga :  Parhan Lantik Pejabat Eselon II III Dan IV Di Lingkungan Pemkab Babar

Potensi Icha pada nomor silat seni sudah tidak diragukan lagi. Sejak mulai menekuni pencak silat dari kelas 2 SD, putri pasangan Adhy Reeza dan Sumilia ini kerap membawa pulang gelar juara.

Prestasi Icha sebelumnya antara lain juara 2 POPDA Bangka Selatan 2020, Juara 1 KOSN Tingkat Provinsi Tahun 2021, Juara 1 Kajari Bangka Barat Cup 2021 dan Juara 1 Festival Olahraga Pendidikan (FOP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2022 di Pangkalpinang.

Sebagai orang tua, Adhy sangat mendukung bakat dan potensi yang dimiliki putrinya. Ia berharap Icha bisa terus berkembang dan membawa harum nama daerah bahkan negara.

“Terima kasih atas support dari pihak terkait seperti KONI Bangka Barat, KONI Provinsi, IPSI Bangka Barat, Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung serta pihak – pihak lainnya,” ucapnya.

Sementara itu Ketua IPSI Bangka Barat Ivan Setiawan mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Icha. Sebagai pelatih, Ivan menilai anak asuhnya itu memiliki bakat yang luar biasa.

Baca Juga :  Kapolres Pimpin Serah Terima Jabatan PJU Di Lingkungan Polres Bangka Barat

“Anak ini memang sudah dalam pembinaan IPSI sejak lama. Kami melihat bakat yang luar biasa dari Icha. Di samping ulet serta semangatnya dalam mengikuti setiap latihan,” ujar Ivan Setiawan.

“Untuk itulah setiap ada kejuaraan kami Insya Allah akan selalu kami ikutkan. Ini untuk mengasah ketrampilan serta mentalnya dalam pencak silat,” imbuhnya.

Ivan menambahkan, IPSI juga akan selalu memantau atlet – atlet Bangka Barat berpotensi lainnya dari berbagai perguruan, dari usia dini hingga remaja yang akan menjadi generasi berikutnya.

“Terima kasih kepada KONI Bangka Barat serta berbagai pihak yang selalu mendukung kita selama ini,” tutup Ivan.

Ketua KONI Bangka Barat H. Muhammad Amin merasa bangga dan mengapresiasi prestasi yang dicapai Varisha Adhylia.

“Tentu kita bangga dengan capaian Varisha Adhylia, apalagi event yang ia ikuti sangat bergengsi. KONI pun akan terus membina atlet – atlet kita agar memiliki daya saing tinggi dan mental yang kuat dan dapat meraih prestasi terbaik dalam setiap event,” kata Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *