Jaga Kelestarian Adat, PT Timah Tbk Dukung Sedekah Kapong Kundi Bersatu di Desa Kundi.

by -3,318 views

BANGKA BARAT – Pelestarian budaya dan tradisi menjadi salah satu perhatian CSR PT Timah Tbk. Emiten Berkode TINS ini kerap mendukung kegiatan kebudayaan dan adat istiadat masyarakat.

Kali ini, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan kepada masyarakat Desa Kundi yang akan menggelar Pesta Adat atau Sedekah Kampung yang tahun ini mengusung tema ‘Sedekah Kapong Kundi Bersatu’ yang akan dilaksanakan pada Sabtu-Senin (27-29/8/2022).

Bantuan ini diserahkan oleh Kepala Bidang Sekretariat Unit Metalurgi Muntok PT Timah Tbk Arief Yudianto dan diterima Ketua panitia pesta adat Kundi, Wahyu, pada Jumat (26/8/2022).

Wahyu mengatakan, PT Timah Tbk telah mendukung pelestarian adat di Desa Kundi, Ia menyebutkan pesta adat Kundi ini sebagai upaya untuk melestarikan adat istiadat.

Baca Juga :  DPRD Dukung MOU Kabupaten Bangka Barat Dengan Pemkot Palembang

Pesta kampung ini sebagai wujud syukur warga Desa Kundi atas panen hasil bumi yang diberikan oleh Allah kepada masyarakat kundi. Selain itu, juga sebaga ajang silahturahmi masyarakat Kundi dan masyarakat lainnya.

“PT Timah mendukung pelestarian adat istiadat Kundi, dibuktikan memberikan bantuan dana penyelenggaraan Pesta Adat atau kami sebut Sedekah Kampung disini,” kata Wahyu.

Camat Simpang Teritip Samsuri mengatakan masyarakat bersukaria menyelenggarakan Sedekah Kampung, karena dua tahun tidak dilaksanakan.


“Masyarakat hari ini berkumpul memeriahkan sedekah kapong. Dua tahun tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19, masyarakat rindu menyelenggarakannya. Kita ucapkan terima kasih kepada panitia, dan seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” ucapnya.

Baca Juga :  Menteri BUMN Apresiasi PT Timah Tbk Dukung Kontingen Babel di PON XX Papua

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming berharap sedekah kapong ini dapat terus dilestarikan, menurutnya kegiatan seperti ini mempersatukan masyarakat Kundi.

“Adat Sedekah Kapong Kundi Bersatu ini harus kita lestarikan, tradisi yang berasal dari leluhur kita. Ini adalah satu adat yang sudah menjadi agenda pariwisata baik di provinsi dan kabupaten. Kedepan kita akan rencanakan lebih baik lagi, Adat ini sarana bersilahturahmi dan mempersatukan kita semua,” tandasnya.

Wabup juga mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung kegiatan untuk melestarikan adat istiadat ini.

“Panitia, Pemerintah propinsi dan kabupaten, PT Timah, Bank Sumsel, Tokoh masyarakat, ulama, Tokoh pemuda, dan semua pihak terlibat dalam menyukseskan kegiatan Sedekah Kapong Kundi Bersatu,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.