Tingkatkan Kompetensi, SMKN 1 SP Teritip Jalin Perjanjian Kerjasama Dengan PT DOK dan Perkapalan.

by -231 views

SIMPANG TERITIP – Guna meningkatkan kompetensi siswa guru, SMK Negeri 1 Simpang Teritip melakukan Perjanjian Kerjasama dengan PT DOK dan Perkapalan Sungailiat. Kesepakatan Perjanjian Kerjasama ditandatanggani oleh Direktur PT DOK dan Perkapalan Achmad Dani Virsal dan Kepala SMKN 1 Simpang Teritip Hasdiah S.Pd. Ing. Senin (15/8/2022).

Kepala SMK Negeri 1 Simpang Teritip Hasdiah S.Pd.Ing mengatakan perjanjian Kerjasama dengan PT Dok dan Perkapalan bertujuan agar siswa SMK Negeri 1 Simpang Teritip mempunyai kompetensi yang sama dengan standar industri.

“Perjanjian kerjasama dengan PT DOK ini berawal dari instruksi dari Ditjen Vokasi memadukan sekolah dengan industri yang sesuai dengan kompetensi keahlian.¬†Intinya supaya siswa dan guru kita, mempunyai kompetensi yang sama dengan standar industri.

“Jadi jika mempunyai standar yang sama dengan industri, berarti harus bekerjasama dengan industri, yaitu dari praktek kerja lapangan ke PT DOK, PT DOK bisa mengajar disini, dan guru akan magang ke PT DOK. Selanjutnya kurikulum sekolah akan kita padukan dengan seperti apa keinginan industri dan dunia kerja tersebut.” jelasnya.

Baca Juga :  BANK SYARIAH BANGKA BELITUNG PEDULI PENDIDIKAN

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan (KACABDIN) Bangka Belitung Sudarni mengapresiasi kerjasama SMK Negeri 1 Simpang Teritip dengan PT DOK dan Perkapalan.

“Kami mengapresiasi inisiasi sekolah yang telah menjalin krrjasama dengan berbagai pihak INDUKA, Kerjasama dengan PT DOK dan Perkapalan Sungailiat dengan SMK Negeri 1 Simpang Teritip sangat positif, karena akan memadukan antara Induka dengan pendidikan, sehingga siswa disamping mendapatkan kompetensi yang memang kurikulum juga akan mendapatkan ilmu praktis di lapangan, industri dan dunia kerja,” katanya.

“Yang kedua merupakan perwujudan UU sistem pendidikan nasional bahwa pendidikan itu menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, termasuk didalamnya Induka serta BUMN. Semuanya menjadi komponen yang penting untuk mewujudkan partisipasi demi kontribusi terbaik kepada kemajuan pendidikan,” tutupnya.

Baca Juga :  Selamat Jalan MC kondang

Direktur PT DOK dan Perkapalan Ahmad Dani Virsal menyampaikan pihaknya akan mendukung kurikulum yang ada di SMK Negeri 1 Simpang Teritip dalam meningkatkan kompetensi siswa dan guru.

“Kami akan memfasilitasi membantu meningkatkan kompetensi dan kapabilitas SMK Simpang Teritip, baik itu siswa dan dewan guru, Bagaimana kita bahu membahu,bergandengan tangan mewujudkan generasi yang lebih baik. Agar anak didik kita lebih mandiri, dapat bersaing, baik di tingkat regional maupun nasional,” katanya.

Saya berharap kita dapat saling memberi masukan apa yang dapat kita perbaiki kedepan guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas anak didik peserta dari kegiatan atau kerjasama ini, baik itu mewujudkan ketrampilan (skill) maupun etitut dunia usaha dan industri,” tutup Achmad Dani Virsal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *