BPS Ajak Bupati Markus Dan OPD “NGIBAR” Sensus Penduduk Online 2020

by -62 Views

Muntok, Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Bangka Barat melaksanakan kegiatan Perancangan Serentak dan Pendampingan Sensus 2020, bertempat di ruang OR I Sekretariat Daerah Bangka Barat, dihadiri Oleh Bupati Bangka Barat, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat, Pj. Sekda Kabupaten Bangka Barat, FORKOPIMDA Kabupaten Bangka Barat, serta Kepala OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

“Pengisian Sensus Penduduk Secara Online ini sudah dimulai, pelaksanaan nya sudah berjalan”, ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Barat, Zainubi, S.Sos di awal paparannya tentang perancangan serentak dan pendampingan sensus penduduk 2020. Monitoring yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) diantaranya melalu dashboard BPS. menurut Zainubi, target yang ingin di capai dalam sensus penduduk 2020 di Kabupaten Bangka Barat adalah:
1. Kecamatan Muntok
Jumlah KK : 14.722 KK
Target SPO : 2.945 KK
2. Kecamatan Simpang Teritip
Jumlah KK : 8.583 KK
Target SPO : 1.717 KK
3. Kecamatan Kelapa
Jumlah KK : 9.629 KK
Target SPO : 1.926 KK
4. Kecamatan Tempilang
Jumlah KK : 8.310 KK
Target SPO : 1.662 KK
5. Kecamatan Jebus
Jumlah KK : 6.090 KK
Target SPO : 1.218 KK
6. Kecamatan Parittiga
Jumlah KK : 9.527 KK
Target SPO : 1.905 KK

Baca Juga :  WABUP IKUTI DUA AGENDA RAPAT PARIPURNA DPRD BABAR

Dalam paparannya, beliau juga menyampaikan apa yg menjadi kendala dalam pengisian Sensus penduduk secara online ini, diantaranya :
1. Tidak ada paket Internet
2. Masyarakat bingung cara login pengisian sensus online
3. Sinyal Jelek atau tidak ada sinyal
4. Masyarakat tidak tahu sensus penduduk harus mengisi sendiri secara online
5. Masyarakat tidak punya Gadget, dsb
Adapun strategi yang sudah di rumuskan oleh tim dari BPS untuk mengatasi kendala yang ada, diantaranya :
1. Membentuk posko sensus di kantor kecamatan dan mengadakan mobile sensus serta memberdayakan pendamping sensus.
2. Sosialisasi ke masyarakat mengenai langkah-langkah mengisi sensus online 2020
3. Memberdayakan peran ketua SLS dan pendamping sensus untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.
Diakhir paparan, kepala BPS mengatakan sudah berkoordinasi dengan Dinas Kominfo untuk membuat video tentang pengisian sensus penduduk secara online ini sehingga di harapkan dapat berhasil lebih baik.bila tidak mencapai target harus ada laporan tentang pelaksanaan sensus ini, apa dan kenapa sehingga tidak mencapai taget.
“Mari kita “Menuju Sukses Sensus Penduduk Online”, tutupnya.

Bupati Bangka Barat Markus, SH menyampaikan sensus penduduk online 2020 dilakukan serentak di seluruh Indonesia, di mulai tanggal 15 Februari 2020 dan berakhir tanggal 31 Maret 2020. Selanjutnya, akan di laksanakan sensus penduduk wawancara pada tanggal 1 sampai 31 Juli 2020.
“Kegiatan sensus penduduk 2020 ini sangat penting, peran serta hadirin semua merupakan kunci keberhasilan sensus penduduk 2020 di wilayah kita. Pernah saya kemukakan bahwa sensus penduduk merupakan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan ke depan nya, supaya lebih tepat sasaran untuk di investasikan kepada masyarakat”, katanya.

Baca Juga :  DPRD SAHKAN RAPERDA PERUBAHAN APBD tahun 2017.

Bulan Januari 2020 yang lalu, Bupati Markus telah menyampaikan surat edaran tentang dukungan pelaksanaan sensus penduduk 2020 ke seluruh OPD, kementrian lembaga, BUMN, BUMD serta kepala desa dan lurah yang ada di kabupaten Bangka Barat.
“Saya selaku Bupati Bangka Barat mengajak dan mengimbau untuk mensukseskan sensus penduduk 2020 dengan membuat terobosan strategis agar pelaksanaan sensus penduduk kabupaten bangka barat dapt berjalan seperti yang kita harapkan bersama, sesuai dengan cita cita kita bersama menuju bangka barat hebat. keberhasilan dari pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini adalah tanggung jawab kita bersama”, sambungnya.

Pemaparan hari ini di lanjutkan dengan ” NGIBAR” (Ngisi bareng)sensus penduduk online 2020 oleh Bupati Bangka Barat, Kepala OPD dan semua tamu undangan yang hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *