Gubernur Resmikan Pasanggrahan BTW dan Patung Garuda Pancasila

by -412 views

MUNTOK, Gubernur Bangka Belitung H Erzaldi Roesman, meresmikan Pesanggrahan BTW dan Patung Garuda Pancasila dengan tema “Kenang-Kenangan Hidup Membawa Kemenangan Hidup Pancasila Tunggal Ika”. Hadir dalam peresmian Keluarga Sultan Hamid II, Bupati Bangka Barat H. Parhan Ali, Sekda Bangka Barat H.Yunan Helmi,Forkompinda, OPD propinsi dan kabupaten, Tokoh masyarakat dan Pemuda. Sabtu,, (22/12-2018)

Pesanggrahan Banka Tinwinning merupakan salah satu cagar budaya indonesia. Acara diisi dengan pemotongan pita serta kesan dan pesan dari Gubernur, peneliti lambang garuda pancasila, dan keluarga Sultan Hamid II.

Dalam sambutannya Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menyampaikan bahwa wisma ranggam/pesanggrahan BTW merupakan inspirasi dari tokoh negara (Ir. Soekarno) dan akan hilang jika tidak di ulang dan diingatkan mengenai sejarah ini.

Baca Juga :  MTI Muntok Berbenah Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Tahun 2021.

Maka dari itu akan dirancang dan diadakan seminar, sehingga pada tahun depan kota muntok akan ditetapkan sebagai hari bersejarah yang akan diperingati setiap tahunnya.

Erzaldi juga ingin mengembalikan pesanggrahan BTW ini ke bentuk awalnya pada tahun 1948 seperti foto-foto lama yang terpasang di pesanggrahan, yang sekarang sudah mencapai 60%.

“ini belum 100%,pintu ini tidak ada tapi dia hanya kongliong, beton saja, terus garuda pancasila tadi, terus bagian depan, lantai ini asli oke, yang depan banyak berubah, belakang, wc, kamar penjaga, dan lain sebagainya”

Baca Juga :  UBB Riset Ke Batu Kukus -Buah Kera Duduk Salah Satu Potensi Yang Patut Di Kembangkan

Lanjutnya ” boleh bikin kamar penjaga tapi bukan seperti kamar penjaga seperti yang di samping, Insya Allah ini mungkin sekitar 40% lagi kita kembalikan ke aslinya”.

Erzaldi juga akan mendorong para pelajar untuk belajar sejarah perjuangan bangsa sehingga bisa mengadakan kunjungan kelapangan salah satunya ke pesanggrahan BTW.

Namun ia menyampaikan, pesanggrahan harus bisa menyiapkan dulu bahan-bahan tentang sejarahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.