Dinas Pertanian dan Pangan Babar Laksanakan Kegiatan Pelatihan Ternak Lebah Madu

by -869 Views

Muntok – Dinas pertanian dan pangan kabupaten Bangka Barat hari ini, Kamis (5/10/2017) melaksanakan kegiatan pelatihan ternak lebah madu yang bertempat di Gedung Graha Aparatur. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Bangka Barat, Drs.H.Parhan Ali, Kadin Dinas Pertanian dan Pangan, Azmal Azet, Narasumber yang didatangkan dari Bogor dan Koba yaitu Eureka Indra Zatnika, S.Pt dan Muksin serta para peserta pelatihan.

Dalam sambutannya, Drs.H.Parhan Ali mengatakan budidaya lebah madu merupakan salah satu Budidaya lebah madu merupakan salah satu strategi pemanfaatan hutan. “Budidaya lebah madu merupakan salah satu strategi pemanfaatan hutan sekaligus untuk meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan, pangan dan holtikultura.”katanya.

Terlebih lanjut, Parhan menjelaskan budidaya lebah madu dapat menghasilkan produk yang bermacam-macam dan mempunyai nilai yangbekonomis. “Khasiat dari lebah madu tidak hanya dari madunya saja, namun budidaya lebah madu dapat menghasilkan berbagai produk seperti : royal jelly, tepung sari (bee pollen), lilin, perekat (propolis), dan racun lebah. Semua produk ini mempunyai nilai ekonomis yaitu membantu perbaikan gizi masyarakat dan meningkatkan pendapatan.” Jelasnya.

Baca Juga :  LKP Bina Excel Mandiri Gelar Festival Anak Bangka Barat

Dikatakan Parhan, budidaya lebah madu dapat melestarikan sumber daya hutan dan peningkatan tanaman perkebunan yang lebah dapat membantu proses pernyerbukan tanaman. “Sedangkan manfaat tidak langsung budidaya lebah madu sangat berkaitan dengan proses pelestarian sumber daya hutan, peningkatan produktivitas tanaman perkebunan, pangan dan holtikultura karena lebah membantu proses penyerbukan bunga tanaman. Hal itu sejalan dengan konsep pembangunan terpadu yang saling bersinergi merupakan harapan kita bersama untuk menuju Bangka Barat Hebat 2021.” jelasnya.

Baca Juga :  Gibran KW (Putra) Semarakan Festival Anak Bangka Barat 2024

Dengan demikian, Parhan berharap agar peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia hadir untuk memberikan materi sekaligus membagi pengalamanya kepada para peserta.

“Selanjutnya, kepada peserta pelatihan saya ucapkan selamat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya dan semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi bapak sekalian. Kepada narasumber saya ucapkan terima kasih untuk kesediaannya mengisi materi sekaligus dapat membagi pengalamannya yang berkaitan dengan budidaya lebah madu di lapangan sehingga pengetahuan peserta bertambah. Dan semoga pelatihan ternak lebah madu ini memberikan keberkahan bagi kemajuan Kabupaten Bangka Barat kedepan.” Harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *