Selamatkan Menumbing SatPolPP Berjibaku Melawan Ganasnya Alam Menumbing

by -479 views

MUNTOK. SatpolPP Bangka Barat harus berjibaku melawan cuaca alam Menbing,masuk hutan keluar hutan untuk melakukan razia TI dan aktivitas ilegal lainnya di kawasan hutan Konservasi Menumbing. Perjuangan berat pantang menyerah menegakkan Perda dilakukan SatPolPP Bangka Barat, tidak mengenal cuaca panas dan hujan, meskipun harus berendam di kolong galian penambangan ilegal untuk mendapatkan barang bukti (BB) untuk diamankan.

Dalam.penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP Bangka Barat, telah mendapatkan beberapa barang bukti berupa mesin isap (ROBIN), Sakan, Pipa,selang serta barang bukti lainnya.

Kasatpol PP, Damkar,Linmas dan Penanggulangan Bencana Bangka Barat Sidarta Gautama menjelaskan anggotanya hingga saat ini masih tetap melaksanakan penertiban aktifitas ilegal penambangan di kaki Menumbing.

Baca Juga :  Ribuan Warga Tuntut Kebun Plasma

“Sampai saat ini anggota kami masih lakukan penelusuran terus, pagi, siang, malam kita telusuri, walaupun anggota harus menghadapi kerasnya alam gunung Menumbing , panas terik, hingga hujan deras tak menyurut langkah kami, bahkan anggota harus beredam di kolong penambangan saat mengamankan barang bukti,” papar Sidarta, Rabu (25/09/2019).

Sidarta mengungkapkan barang bukti yang ditemukan seperti mesin Isap Air (Robin), Selang , Pipa, dan perlakapan tambang lainnya saat ini sudah semakin menumpuk di gudang penyimpanan. Namun diperkirakan aktifitas penambangan ilegal yang ada di kaki Menumbing mulai berkurang.

“Kalau lihat BB nya memang bisa kita lihat selama ini dulu banyak yang melakukan aktivitas, tapi sekarang kayaknya sudah mulai takut dan hilang juga,”  kata Sidarta.

Baca Juga :  Jaga Menumbing Kapolres Rencanakan Patroli Bersama

“Biasa kita pagi, sekarang anggota sampai malam menelusuri sampai sampai sempat tersesat di hutan. Kalau biasa dikatakan aktivitas dilakukan tengah malam, ini anggota malam hari jam satu tidak terdengar lagi ada bunyi-bunyi mesin kayak kemarin-kemarin,” tutur Sidarta.

Sidarta menambahkan saat ini sedang berkoordinasi dengan Polres Bangka Barat, dan Kodim Bangka Barat mengajak LSM/Tokoh masyarakat untuk memberikan perhatian khusus ke penjagaan Menumbing.

“Sekarang kita akan buat pengawasan khusus intensif untuk Menumbing, kita buat pengawasan secara berkala fokus dan khusus untuk itu,” tutupnya (jnt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *