Berkolaborasi Menjaga Kelestarian Kearifan Lokal Masyarakat, PT Timah Tbk Dukung Pesta Adat Ruahan di Desa Pusuk.

by -40 views

BANGKA BARAT – Mendukung pelestarian adat masyarakat di Desa Pusuk Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan untuk Pesta Adat Ruahan Khatam Alquran.

Bantuan ini diserahkan kepada Ketua Panitia Pesta Adat Ruahan Khatam Alquran, Sahani, Rabu (1/3/2023). Pesta Adat ruahan ini akan dilaksanakan pada tanggal 05 Maret mendatang.

Sahani mengatakan tradisi ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan di desa mereka. Kegiatan yang dilaksanakan seperti arak-arakan bagi anak yang khatam Alquran yang dilanjutkan dengan acara Beranggung atau Sedekah Kampung.

Baca Juga :  P2KBP3A Kab. Bangka Barat Sosialisasikan Pencegahan Dan Perlindungan Anak Dari Kekerasan Seksual

“Ini merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan di Desa, nanti akan diawali dengan arak-arakan keliling kampung, lalu khataman dan dilanjutkan dengan Beranggung atau Sedekah Kampung,” katanya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Pusuk Maryono mengparesiasi dukungan PT Timah Tbk yang telah membantu kegiatan pelestarian adat ruahan di Desa Pusuk.

“Terima kasih kepada PT Timah atas kontribusinya pada acara Ruahan di Desa Pusuk. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi desa kami. Semoga PT Timah dapat berperan aktif kepada masyarakat Desa Pusuk, dari segi bantuan CSR sangat diharapkan, dari sisi pertambangan diharapkan tidak ada tidak ada tambang tambang ilegal,” ucapnya.

Baca Juga :  Wakil Bupati Markus Tinjau Pelaksanaan Pilkades

Ketua Badan permusyawahan (BPD) desa Pusuk Atman mengatakan, PT Timah kerap membantu masyarakat di Desa mereka melalui CSR nya.

“Selain bantuan tradisi ruahan Desa, PT Timah banyak menyerahkan bantuan, seperti Bantuan Sapi Kurban, Kegiatan Mobil Sehat, Bantuan Rumah Layak Huni, Bantuan Mesin serta Perahu untuk Nelayan. Syukur Alhamdulillah, PT Timah cukup perhatian dengan Desa Pusuk,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *