Simak Keseruan HUT ke 9 Museum Timah Indonesia Muntok, Gelar Berbagai Lomba bagi Pelajar.

by -0 Views

BANGKA BARAT – Peringatan HUT ke 9 Musuem Timah Indonesia (MTI) Muntok berlangsung meriah. Berbagai perlombaan yang diikuti pelajar SD, SMP, dan SMA menambah semarak acara.

HUT ke 9 MTI Muntok mengusung tema ‘Aku dan Museum Timah Indonesia’ ini ditutup langsung oleh Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, Sabtu (26/11/2022).

Adapun perlombaan yang digelar dalam Peringatan HUT ke 9 MTI Muntok yakni lomba menggambar tingkat SD, lomba bercerita tingkat SMP, serta lomba pemilihan duta museum.

Ketua MTI Muntok Fakhrizal Abubakar mengatakan perlombaan ini digelar sebagai upaya untuk memperkenalkan MTI Muntok kepada pelajar dan mahasiswa.

“Ini upaya untuk memperkenalkan MTI melalui karya mereka sesuai dengan tema Aku dan Museum Timah Indonesia. Selain itu pemilihan Duta Museum nantinya mereka ini akan menjadi motivator mengajak masyrakat berkunjung serta mempromosikan Museum,” katanya.

Baca Juga :  Markus Bangga Dengan Atlet Bangka Barat

Ferdi Nuril juara 3 lomba mengambar mengaku senang menggikuti kegiatan yang dilaksanakan MTI.

“Sangat senang,walaupun dapat juara 3 , dapat hadiah dari Museum, nanti hadiahnya untuk keperluan sekolah,”kata Ferdi.

Pemenang Lomba pemilihan duta Museum Aylen Chia mengaku bangga dipercaya menjadi Duta Museum.

“Perasaan senang terus bangga mendapat kepercayaan sebagai Duta Museum. Kepercayaan ini tentunya menjadi tugas buat kita untuk mempromosikan museum baik di nasional maupun internasional. Saya juga mengajak masyarakat khususnya kawula muda untuk lebih aktif lagi untuk mempromosikan museum melakukan kegiatan baik itu dibidang seni atau kegiatan sosial lainnya,” ucapnya.

Mariana Guru SDN 16 Muntok, pedamping peserta sekaligus pengunjung museum mengatakan kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk pendidikan buat anak didik.

Baca Juga :  Bupati Parhan Terima 65 Mahasiswa STIS Jakarta

“Melalui lomba yang diselenggarakan, anak didik mendapat edukasi tentang Museum, mengenalnya serta salah satu tempat bersejarah di Muntok,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat Muhamad Ali mengatakan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan MTI Muntok, menurutnya MTI salah satu daya tarik wisata di Bangka Barat.

“MTI Muntok ini adalah Cagar Budaya, daya tarik wisatawan berkunjung ke Bangka Barat. Dengan diselenggarakan kegiatan seperti ini mendukung memperkenalkan museum ke masyarakat, dan dunia luar. Kita berterima kasih atas kontribusi Museum untuk pariwisata Bangka Barat,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *