Pilkada Bangka Barat 2020 TNI Netral – Dandim Berharap Media Membantu Jaga Kondusifitas

by -177 views

MUNTOK. Dalam pesta demokrasi Pilkada Bangka Barat 2020 TNI bersikap netral, TNI memiliki batasan-batasan dalam pemilukada, namun berkewajiban menjaga kondusifitas keamanan selama pilkada berlangsung, di Bangka Barat sebanyak 120 anggota TNI akan terjun langsung dalam pengamanan pelaksanaaan pilkada.

Komandan Distrik Militer (DANDIM) 0431 Bangka Barat Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa dalam acara ” Coffe Morning” bersama wartawan di Saung pemancingan Kodim 0431 Bangka Barat, menegaskan hal itu tetap sikap TNI dalam pemilukada.

“Karena memang TNI tidak mempunyai hak suara di pilkada , maka kami tegaskan TNI Netral, termasuk juga dengan keluarga, kami tidak mempunyai hak untuk mengarahkan kepada salah satu pasangan calon. Namun kami menghimbau masyarakat dapat berperan aktif dalam pilkada, sebab informasi yang kami dapatkan minat masyarakat Bangka Barat menggunakan hak suarannya hanya 66%, ini menjadi tugas kami agar untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memilih, agar pilkada berjalan dengan sukses,”ucap Agung.

Baca Juga :  Antar Berkas Pencalonan Pasangan Safri - Edi Arif Didampinggi Istri

Dilanjutkan Dandim, dirinya telah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu sehubungan dengan pilkada, menurutnya hal itu dimaksudkan agar TNI dapat memantau langsung, dan membantu pengamanan.

“Kami tidak terlepas dari aturan berlaku, sehingga kami mengundang KPU, dan Bawaslu. Pak Rio sendiri menyampaikan bagaimana batasan-batasan seorang TNI terlibat dalam pemilukada, terutama pada saat pelaksanaan hari pencoblosan dan penghitungan, dan disampaikan juga komunikasi “Cerudik Menumbing” artinya kita juga bisa memonitor apabila terjadi kesalahan-kesalahan yang terjadi pada suatu titik dan ini membantu kami untuk memberikan laporan kepada pimpinan diatas,”ungkap Dandim

Dandim berharap media dapat menjaga kondusifitas di Pilkada Bangka Barat. Menurutnya peran serta media sangat penting agar pilkada berjalan dengan aman dan sukses.

Baca Juga :  Danrem 045/Gaya Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Kodim 0431/Babar

“Pada kesempatan ini saya juga berharap kepada teman teman media berperan untuk menjaga kondusifitas di pilkada, segala informasi kami harapkan dapat disampaikan kepada kami (TNI) atau kepolisian. Agar lebih mengutamakan kepentingan bersama dan daerah, agar informasi yang disampaikan lebih menyejukkan,dan dapat dipertanggungjawabkan,”harapnya

Senada dengan Dandim 0431 ketua PWI Bangka Barat Husni mendukung apa yang disampaikan Bangka Barat.

“Saya berharap kawan kawan media, menjunjung tinggi propesionalitas dalam membuat berita, hendaknya jangan sampai membuat gaduh, yang justru akan merugikan media itu sendiri , yang nanti membuat publik tidak mempercayai media tsb, bahkan bisa berakibat pidana,”kata Husni

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.