NELAYAN DESA BAKIT PARITTIGA PANEN IKAN KERAPU -Bupati, Ketua DPRD ikut panen

by -476 Views

PARITTIGA – Bupati Bangka Barat (Babar) H Parhan Ali dan Ketua DPRD Hendra Kurniady melakukan panen kerapu kerambah jaring apung di pantai Desa Bakit Kecamatan Parittiga Senin (17/7). Panen kali ini seberat 700 kg dan ini hasil penebaran budaya 10 bulan lalu dan sudah yang kedua kalinya. 

Parhan dalam sambutannya mengatakan, sektor perikanan memiliki kemampuan untuk menciptakan peluang usaha guna mengurangi kemiskinan dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta sekaligus mampu sebagai tumpuan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Ditinjau dari potensi yang ada Babar memiliki potensi perikanan budidaya yang cukup besar baik untuk budidaya perikanan air tawar, payau dan laut. 

Baca Juga :  Kolaborasi dengan Nelayan, PT Timah Tbk Tenggelamkan 50 Unit Rumpon di Perairan Kelurahan Tanjung

Masih dikatakan Parhan, potensi ini merupakan kekayaan alam yang sangat berharga apabila dikelola dengan baik, sehingga diharapkan dapat menopang kehidupan masyarakat pesisir ataupun masyarakat lainnya. Tetapi hingga saat ini potensi tersebut belumlah memberi kontribusi yang banyak terhadap pembangunan di wilayah pesisir secara keseluruhan, karena belum dimanfaatkan dan dikembangkan secara profesional.”Diharapkan masyarakat pembudidaya ikan agar benar-benar mengusahakannya dengan sungguh-sungguh jangan setengah-setengah sehingga dapat meningkatkan perokonomian,”ingatnya. 

Baca Juga :  BUPATI SERAHKAN SARPRAS PENANGKAPAN IKAN

Sementara itu Plt Kadin Kelautan dan Perikanan Sukraedi mengatakan, bibit kerapu yang ditebar 10 bulan yang lalu sebanyak 10 ribu ekor dan dikelola kelompok putra samudra Desa Bakit. Yang sudah dipanen dua kali dan kali ini seberat 700 kg. Berat yang dipanen sesuai permintaan pasar minimal 1/2 kg per ekor dengan usia 6 bulan minimal.”Harga per kilonya Rp 100 ribu dan ini kualitas ekspor jadi yang kita panen hari ini Rp700 juta,  dan yang dipanen ini minimal usia 6 bulan,”tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *