MTI Sarana Edukasi Sejarah Pertambangan Timah

by -29 views

MUNTOK. Museum Timah Muntok (MTI) berlokasi di Jl.Jendral Sudirman Muntok Bangka Barat propinsi Bangka Belitung. MTI merupakan museum ke 2 yang didirikan dan dikelola oleh PT Timah Tbk, di propinsi kepulauan Bangka Belitung.

Museum ini menempati gedung cagar budaya peninggalan era kolonial Hindia Belanda yaitu Kantor Exs Gedung Pusat Banka Tin Winning atau BTW, yang dibangun pada tahun 1915.

Museum ini diresmikan tanggal 7 November 2013 sebagai sarana edutainment dan Herritage Center. Saat ini menjadi salah satu destinasi pariwisata Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Museum ini menitik beratkan pada sejarah perkembangan tekhnologi timah dengan pembuatan pada teknologi peleburan Timah di Indonesia dan menggusung sejarah lintas budaya kota Muntok dengan menggarisbawahi sejarah perkembangan sosial budaya rumpun melayu.

Baca Juga :  Wabup hadiri buka bersama di unmet PT. Timah.

Komposisi galeri MTI terdiri dari 70,%, terkait dengan perkembangan teknologi pertimahan dan 30 % lainnya tentang sejarah sosial budaya kota Muntok, baik dikancah nasional dan internasional

Fasilitas yang dimilikki selain ruang display galeri yang ada diruang lantai satu gedung, juga ada ruang perpustakaan, ruang rapat, auditorium dan Musholla yang berada dilantai dua, serta Kafetaria dan museum shop yang berada diluar area belakang gedung, pengunjung juga dapat melihatan peralatan penambangan yang digunakan PT Timah.

Baca Juga :  Pemilihan Bujang Dayang Kembali Di Gelar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *