PT Timah Tbk Ikut Lestarikan Tradisi Sembahyang Bulan di Desa Puput Bangka Barat.

by -57 views

BANGKA BARAT – Umat Konghucu di Desa Puput, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat menggelar tradisi sembahyang Bulan pada Sabtu-Minggu (10-11/9/2022).

Tradisi ritual sembahyang Bulan ini dilaksanakan mulai Sabtu (10/9/2022) sore yang dilanjutkan dengan Sembahyang Bulan hingga esok harinya yang dilanjutkan dengan acara hiburan yang menghadirkan artis nasional.

PT Timah Tbk turut mendukung pelestarian sembahyang Bulan ini dengan menyerahkan bantuan untuk pelaksanaan kegiatan ini. Sebelumnya Sembahyang Bulan sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Humas Sembahyang Bulan Suyenti mengatakan kegiatan tradisi ini adalah kepercayaan umat Konghucu yang dilaksanakan setiap tahun.

“Ritual Sembahyang Bulan umat Konghucu yang jatuh tanggal 15 bulan delapan imlek yang merupakan tradisi dan kepercayaan umat khonghucu kepada Dewi Bulan dengan menyediakan persembahan makanan, manisan, dan buah-buahan wujud syukur atas berkah yang diterima,” ujar Suyenti yang juga Anggota DPRD Bangka Barat.

Baca Juga :  Sukseskan Sepak Bola Liga Belo Laut, PT Timah Tbk Serahkan Bonus Atlet

Suyenti mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Tradisi Sembahyang Bulan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelestarian adat Sembahyang Bulan. PT Timah, Bank Sumsel Babel, Pengusaha-Pengusaha lokal serta masyarakat,” katanya.

Tradisi Sembahyang Bulan tahun ini juga dihadiri Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming-Ming dan Pimpinan DPRD Bangka Barat

Bong Ming Ming dalam sambutannya mengatakan akan mendukung kegiatan Sembahyang Bulan masuk dalam agenda Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Sembahyang Bulan adalah tradisi yang harus dilestarikan. Ritual adat akan dianggarkan untuk dimasukkan sebagai agenda Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, saya yakin DPRD Bangka Barat sepakat dan memperjuangkan itu,” kata Wabup.

Baca Juga :  Musala Usai Direnovasi, Jemaah Musala Al Muhajirin Desa Pelangas Lebih Nyaman Beribadah *Bantuan PT Timah Tbk

Ia juga memuji peran serta masyarakat serta PT Timah menurutnya selalu hadir berkontribusi di setiap kegiatan.

“PT Timah ini selalu hadir di setiap kegiatan yang ada di Bangka Barat, kita ucapkan terima kasih serta apresiasi atas kontribusinya buat masyarakat Bangka Barat,” kata Bong Ming Ming.

Senada disampaikan Ketua DPRD Bangka Barat Marudur Saragih, mengatakan mereka akan mendukung tradisi Sembahyang Bulan menjadi agenda wisata.

“Kami sepakat akan menjadikan Sembahyang Bulan ini mendapat anggaran dan menjadi agenda Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Jadi teman teman tidak terlalu repot mencari dana. Mewakili DPRD kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan ini,” kata Marudur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.