Hadiri Pesta Adat Dusun Belar, Bong Ming Ming Dorong Generasi Muda Jaga Kelestarian Adat

by -0 Views

Simpang Teritip, – Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming menghadiri Pesta Adat Dusun Belar yang diselenggarakan di Desa Ibul Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Sabtu (21/05/23) pagi.

Pesta Adat Dusun Belar merupakan salah satu agenda yang masuk dalam daftar kalender event pariwisata Kabupaten Bangka Barat. Kegiatan rutin ini telah berlangsung sejak 47 tahun lalu, dan masih dipertahankan hingga saat ini.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati memberikan pernyataan tentang pentingnya pendidikan untuk generasi muda agar memiliki daya saing, tidak hanya di tingkat kecamatan, tapi juga dapat bersaing dengan kabupaten lain.

“Insya Allah, pertama dari sisi pendidikan, kita harus mempersiapkan diri bahwa anak-anak muda harus mampu bersaing dengan kecamatan lain. Mereka harus siap dan matang untuk bersaing, tidak hanya dengan kecamatan sekitarnya, tetapi juga dengan kabupaten lain. Itu menjadi fokus utama kita,” ujar Bong Ming Ming.

Baca Juga :  Sosialisasi Perbandingan hukum tindak pidana korupsi di Amerika Serikat dan Indonesia

Disamping itu, Ia juga menekankan pentingnya menjaga dan mengembangkan adat istiadat, agar tidak terkontaminasi oleh pengaruh budaya luar yang cenderung merusak.

“Anak-anak muda harus menjaga adat istiadat dan mengembangkannya. Dengan menjaga adat istiadat, kita dapat memperkuat kebudayaan kita dan melindungi diri dari pengaruh budaya luar yang cenderung merusak,” tegasnya.

“Ini adalah komitmen kita untuk menjaga dan memperkuat adat istiadat dengan didukung oleh agama,” tambah Bong Ming Ming.

Wakil Bupati Bangka Barat juga menekankan komitmen pemerintah dalam menjaga kelestarian adat, dan berharap kepada generasi muda untuk selalu berinovasi dan melakukan hal-hal positif.

Baca Juga :  Sempat Terpuruk, Berkat Kegigihan dan Manfaatkan Program PUMK PT Timah Tbk Ayu Lestari Bisa Kembali Buka Usaha

“Komitmen pertama adalah menjaga kelestarian adat istiadat, sedangkan komitmen kedua adalah mendorong generasi muda untuk berinovasi dan terus melakukan sesuatu yang positif. Dengan demikian, upaya kita tidak hanya dikenal di kecamatan atau kabupaten, tapi juga diakui di tingkat nasional,” tegasnya.

Dalam acara tersebut, Wakil Bupati juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Dusun Belar yang telah berupaya mempertahankan adat dan budaya mereka.

Oleh karena itu, Bong Ming Ming menyatakan bahwa pemerintah akan terus mendukung upaya-upaya tersebut, dan berharap agar generasi muda dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga kelestarian adat dan mengembangkannya secara positif.

Sumber : Diskominfo Bangka Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *