Ikut Melestarikan Adat dan Tradisi, PT Timah Bantu Sedekah Kapong Desa Simpang Tiga.

by -136 views

BANGKA BARAT – Desa Simpang Tiga Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat menggelar adat “Sedekah Kapong” yaitu kegiatan pelestarian adat tradisi yang digelar setiap tahun.

“Kegiatan Sedekah Kapong dimulai kegiatan khatam Quran jam 15:00, pada hari Sabtu (3/9/2022) dilanjutkan Ritual adat dari pemuka adat. Pada malam harinya dilaksanakan hiburan rakyat. Setelah itu pada jam 3:00 peserta khitan akan berendam di air sebelum jam 6 pagi akan dikhitan oleh pemuka adat di Simpang Tiga, dan setelah itu acara silahturahmi ,” kata Ketua Panitia Sedekah Kapong Simpang Tiga, Bayu.

Bayu menyebutkan, Sedekah Kapong tahun ini turut didukung oleh PT Timah Tbk. Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah berpartisipasi dalam melestarikan adat istiadat.

Baca Juga :  Kapolda Dan Gubernur Hadirri Gelar Sispamkota Operasi Mantap Praja 2020

“Kita berterima kasih atas kontribusi yang telah diberikan PT Timah dalam kegiatan di Sedekah Kapong tahun ini. Semoga PT Timah semakin maju dan Sukses kedepan,” kata Bayu.

Senada, Pj Kepala Desa Simpang Tiga, Rohim menurutnya PT Timah cepat merespon pengajuan bantuan.

“PT Timah, cepat merespon pengajuan bantuan adat “Sedekah Kapong”. Semoga bantuan ini merupakan awal sinergi antara PT Timah dan warga serta pemerintah desa Simpang Tiga. Mewakili warga, kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya buat PT Timah,” katanya.

Ketua Lembaga adat desa Simpang Tiga Darmiyanto menyampaikan warga Simpang Tiga mempertahankan adat dan tradisi yang diwariskan oleh leluhur mereka.

Baca Juga :  Bangka Barat Banjir Durian

“Masyarakat Desa Simpang Tiga masih mempertahankan tradisi yang diwariskan oleh leluhurnya sampai sekarang, seperti adat sedekah Kapong, sunatan massal, kesenian dambus dan campak, pencak silat dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Pria yang kerap disapa Kak Ito turut mengapresiasi PT Timah yang turut mendukung pelestarian adat di desa Simpang Tiga.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PT Timah yang turut mendukung kegiatan adat di desa Simpang Tiga, Semoga sinergi ini terus berlanjut, dan PT Timah tambah sukses,” harap Ito.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *