Wabup Buka Lomba Gasing Se-Provinsi Bangka Belitung

by -538 Views

MUNTOK. Wakil Bupati Bangka Barat Markus SH, membuka Lomba Gasing se-Bangka Belitung. Kegiatan yang merupakan even tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bamgka Barat dilaksanakan di Gelanggang Gasing Batu Rakit selama tiga hari mulai tanggal 3 s/d 5 Desember 2018, diikuti oleh atlit atlit gasing terbaik se-Bangka Belitung. Hadir dalam pembukaan lomba, Ketua Gasing Indonesia H.Agus M.D, Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Suwito SE, Kapolsek Muntok Iptu Cristo N.Y.T Nender S.IK, Perwakilan Kejari, Koramil, peserta atlit dan penonton.


Dalam sambutannya Wakil Bupati Bangka Barat Markus SH, mengatakan Lomba Gasing merupakan Agenda tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dengan tujuan mengembangkan wisata budaya dan memberi manfaat bagi sektor pariwisata Bangka Barat.

Baca Juga :  Haru Menyelimuti Pelayat Antar Ketua DPRD


“Lomba Gasing yang dilaksanakan saat ini adalah agenda tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dengan tujuan mengembangkan wisata budaya, untuk memberi manfaat bagi sektor pariwisata sehingga dapat mengundang wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Bangka Barat,”terang Markus

Ia menyebut olahraga gasing adalah permainan traditional masyarakat,sebagai hiburan dan pengisi waktu masyarakat.

“Sebagai salah satu bentuk permainan rakyat traditional, pada awalnya permainan gasing merupakan perwujudan untuk mengisi waktu senggang dan sebagai sarana hiburan masyarakat. Kemudian setelah itu dikembangkan sebagai hasil budaya manusia,”‘jelas Markus

Baca Juga :  Polsek Jebus, Polres Bangka Barat Berhasil Ungkap Kasus Pencurian Di Tiga TKP Berbeda.

Ketua Persatuan Gasing Indonesia (PORGASI) H.Agus M.D mengatakan selain sebagai salah satu permainan traditisional, olahraga ini sebagai tempat silahturahmi.
Menurut Agus gasing sudah dikenal di Indonesia, bahkan luar negeri.

“Gasing selain sebagai salah satu olahraga tradisional, olahraga ini sebagai tempat silahturahmi. Berbagai even Gasing telah dilaksanakan di Indonesia. dan sudah dikenal di luar negeri. Kita berharap dapat dipertandingkan pada saat Bangka Barat menjadi tuan rumah Porprov 2022 mendatang,”ujarNya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *