UPACARA HARI PAHLAWAN ke-73 TAHUN 2018 DI BANGKA BARAT

by -601 Views

MUNTOK. Upacara Hari Pahlawan ke-73 tahun 2018 di Bangka Barat dilaksanakan di Lapangan Gelora Mentok Bangka Barat pada Sabtu, 10 November 2018. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Drs. H. Yunan Helmi, M.Si.
Upacara dihadiri oleh para veteran perintis kemerdekaan RI di Bangka Barat, unsur Forkopimda Kab. Bangka Barat, perwakilan TP PKK, ketua DWP, perwakilan Bhayangkari, Adhiyaksa Dharmakarini, pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, BUMD, instansi vertikal, organisasi masyarakat dan seluruh peserta upacara yang terdiri dari pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, dan pelajar seluruh jenjang pendidikan di Bangka Barat.

Sekda Yunan selaku inspektur upacara membacakan
sambutan Bupati Bangka Barat dan amanat Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita.
Dalam sambutan Mensos, para peserta upacara diajak untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air, dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara.

“peringatan hari Pahlawan menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi, lanjutkan perjuangan, isi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur,” kata Sekda Yunan saat membacakan amanat Mensos.

Baca Juga :  Sekolah Alam Wisata Pertama Di Babar Diresmikan Bupati.

“Sosok pemuda dibutuhkan sebagai generasi penerus yang memiliki jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya. Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri, dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha kesejahteraan sosial dan memberikan pelayanan sosial”, lanjutnya membacakan amanat Mensos.

Dalam upacara, dibacakan beberapa kata mutiara oleh Bapak Parta dari beberapa Pahlawan RI, yaitu:

1.Kata mutiara Nyi Ageng Serang untuk keamanan dan kesantausaan jiwa, kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan YME, orang yabg mendekatkan diri kepada Tuhan tidak akan terperosok hidupnya dan tidak akan takut menghadapi cobaan hidup, karena Tuhan akan selalu menuntun dan melimpahkan anugerah yang tidak ternilai harganya”

Baca Juga :  Tinjau Pasar Parittiga, Bong Ming Ming Katakan Penataan Ulang Dimulai Bulan Ini

2. Jend. Sudirman: tempat saya yang terbaik adalah di tengah-tengah anak buah. Saya akan meneruskan perjuangan, Met of Zonder Pemerintah TNI akan berjuang terus”

3. Prof. DR. R. Soeharso: Right or wrong my country, lebih-lebih kalo kita tahu negeri kita dalam keadaan bobrok, maka justru saat itu pula kita wajib memperbaikinya”.

4 prof. DR. Moh. Yamin, SH :
“cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong , tapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri”.

5 Supriyadi: “kita yang berjuang jangan sekali-sekali mengharapkan pangkat, kedudukan, ataupun gaji yang tinggi”.

6. Teuku Nyak Arif: “Indonesia merdeka harus menjadi tujuan hidup kita bersama”.

Setelah mengikuti upacara, Sekda bersama unsur forkopimda dan peserta upacara lainnya menuju ke dermaga Pusmet Mentok untuk mengikuti acara tabur bunga. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Kapolres Bangka Barat, Kompol Bim Rekoaji, SE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *