Wujudkan Pengelolaan Keuangan Berkualitas, PPK dibekali Akuntansi berbasis Akrual

by -383 Views

Muntok, 10 April 2018 – Guna mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang berkualitas, Pemkab Bangka Barat melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah mengadakan pelatihan akuntansi berbasis akrual kepada para Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 10 sampai 13 April 2018.

Saat membuka pelatihan , Bupati Bangka Barat, H Parhan Ali mengharapkan dari pelatihan ini nantinya terlahir sumberdaya aparatur yang kompeten dan memahami penerapan sistem akuntansi keuangan daerah dan sistem akuntansi pemerintah yang handal untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang berkualitas

Baca Juga :  Peringati Sumpah Pemuda, 2000 Peserta Ikut Lomna Senam Bedincak

“diharapkan mampu mengatasi kesulitan dan kekurangpahaman aparatur dalam pengelolaan keuangan daerah. Apa yang kita lakukan ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi sumber daya aparatur guna mewujudkan pengelolaan keuangan daerah dan laporan keuangan secara transparan, akuntabel dan akurat. ” ujar Bupati di graha aparatur pemkab Bangka Barat, Selasa (10/4).

Dia menambahkan bahwa peningkatan SDM tidak hanya sebatas pada pengembangan kompetensi aparatur saja tetapi harus disertai peningkatan kualitas sistem dan kelembagaan yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi informasi.

Baca Juga :  Kapolres Pimpin Serah Terima Jabatan PJU Di Lingkungan Polres Bangka Barat

” Pemkab Bangka Barat selalu berupaya meningkatkan kompetensi pegawai yang berwawasan teknologi informasi. Beberapa waktu lalu dilaksanakan pelatihan bendahara berbasis aplikasi, ini artinya kita tanggap akan pentingnya peningkatan kualitas sdm aparatur yang berwawasan IT” katanya.

Sistem akuntansi berbasis akrual merupakan cara yang diyakini kehandalannya baik keakuratan data maupun tingkat presisi yang tinggi dalam menghasilkan laporan keuangan. Sistem akrual ini sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintah. (rilis bag khp /M. Muhaimin/ft:tri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *