Pawai Budaya Meriahkan HUT Kota Mentok Ke 290

by -649 Views

PILARRADIO.COM, Mentok – Puluhan peserta mengikuti kegiatan Pawai Budaya yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Barat. Peserta terdiri dari pelajar, Instansi, Pelaku Seni dan masyarakat.

Masyarakat Bangka Barat tumpah ruah menyaksikan kegiatan Kirab Budaya dan Lomba Budaya memperingati HUT Kota Mentok di sepanjang jalan pelaksanaan kegiatan. Rabu, (11/9/2024).

Pawai Budaya adalah salah satu rangkaian kegiatan memperingati HUT Kota Mentok yang ke 290. Sebelumnya dilaksanakan Lomba, Betason Lagu Melayu dan ditutup pada Rabu malam (11/9/2027).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Bangka Barat, Muhammad Ali mengatakan kegiatan dilakukan bertujuan untuk melestarikan budaya di Bangka Barat.

“Kami juga sebelumnya menggelar lomba lagu melayu pesertanya Se-Babel dari tanggal 9-10 September 2024. Hari ini puncaknya, dari pagi kirab budaya dan lomba karnaval budaya untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Bangka Barat ini, dari Mentok untuk Indonesia,” katanya.

Baca Juga :  KJPPS Terus Berkembang Setelah Menjadi Mitra Binaan PT. Timah

Puluhan peserta ikut dalam kirab budaya dan lomba karnaval, mereka melewati sejumlah jalan raya yang ada di Kecamatan Mentok.

Ali berharap, Kota Mentok semakin maju kedepan sebagai daerah bersejarah.

“Usia hampir 3 abad, tinggal 10 tahun lagi mencapai ke 300 tahun. Kita berharap masyarakatnya harus kompak dalam bersama membangun Kota Mentok. Jangan berjuang sendiri, harus berjuang bersama karena Mentok ini sangat unik dan luar biasa,” katanya.

Baca Juga :  Lanjutkan Program "Berobat Gratis", Bersanding Agik diantar Simpatisan, Pesilat, Ulama dan Pelaku UMKM ke KPU Bangka Barat

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengatakan Kota Mentok merupakan daerah yang bersejarah atau kota tua yang telah ditetapkan nasional.

Sehingga menurutnya, di momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mentok harus meriah dirayakan sebagai kota bersejarah dan ibu kota Kabupaten Bangka Barat.

Dari Festival Jiran Nusantara yang kita gelar ini mengangkat budaya, kesenian, kreativitas anak muda, pemberdayaan UMKM yang dibuat dalam satu event yaitu “Festival Jiran Nusantara”.

Kita harap ada Multiplier Effect untuk para pelaku seni dan budaya serta masyarakat pada umumnya yang menyaksikan atraksi di Kota Mentok ini,” harapnya.

Leave a Reply