KPU Babar Uji Coba Sistem Informasi Penghitungan Pemilu 2019

by -310 Views

MUNTOK. Mendekati hari pemungutan dan penghitungan suara, KPU Kabupaten Bangka Barat melaksanakan ujicoba Sistem Informasi Penghitungan (SITUNG) Pemilu 2019, Hal ini dilakukan serentak se-Indonesia. Ujicoba dilaksanakan pada hari Rabu (20/03/2019).

Harpandi selaku Divisi Teknis KPU Kabupaten Bangka Barat mengatakan bahwa ujicoba ini dilakukan serentak seluruh Indonesia, “yang jelas, Kami (KPU Bangka Barat-red) InsyaAllah sudah siap. Karena ini merupakan komitmen KPU untuk lebih transparan terhadap hasil penghitungan suara di TPS” lanjutnya.

Baca Juga :  Pilkada 2020, Bangka Barat Belum Rampung NPHD

Sistem Informasi Penghitungan  (SITUNG) Pemilu 2019 merupakan aplikasi berbasis WEB yang digadang-gadang akan menjadikan hasil Pemilu lebih transparan. “SITUNG ini  akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap  hasil pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan rekapitulasi di tingkat kecamatan” ujar Kasubbag Teknis KPU Bangka Barat Renny Fauziah.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Bangka Barat telah mengikuti Bimbingan Teknis terkait Aplikasi SITUNG yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertempat di Pangkalpinang. “kami sudah menyiapkan dengan SDM yang ada, 3 (tiga) orang operator, 2 (dua) orang verifikator, dan 1 (satu) orang Koordinator yang masing-masing punya tugas dan fungsi yang berbeda” lanjut Renny.

Baca Juga :  Bawaslu Babar Ajak Masyarakat Partisipasi Awasi Pilkada 2020

Masyarakat dapat melihat hasil pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS dan Rekapitulasi di Tingkat PPK melalui laman  www.infopemilu.kpu.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *