Kelompok Nelayan Jaya Mandiri Bersama PT Timah Tbk Tanam 1000 Mangrove di Pantai Sungai Baru Muntok

by -0 Views

BANGKA BARAT – Kelompok Nelayan Jaya Mandiri bersama PT Timah Tbk menanam 1000 pohon mangrove di Pantai Sungai Baru, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (8/10/2021). Penanaman mangrove ini sebagai upaya untuk menjaga kawasan di pesisir Pantai.

PT Timah Tbk menyerahkan bantuan 1000 batang mangrove sekaligus biaya perawatan mangrove. Hal ini sebagai upaya perusahaan mendukung kelompok nelayan menjaga wilayah pesisir pantai.

Ketua kelompok Nelayan Jaya Mandiri Kasdi, mengatakan pihaknya berinisiatif untuk menanam mangrove untuk menata kembali pantai seperti semula. Ia menyebutkan banyak mangrove yang ditanam sudah mati.

Baca Juga :  Program PUMK PT Timah Tbk Bantu Usaha Andi Setiawan Tetap Bertahan di Saat Pandemi Covid-19.

“Kami ingin menata kembali pantai ini, mengingat beberapa pohon mangrove ini sudah mati, jadi kami tanam lagi. Mangrove ini memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya abrasi pantai,” sebutnya.

Pihaknya, mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah memberikan bibit mangrove dan biaya perawatannya. Sehingga nantinya, diharapkan kawasan ini akan kembali indah.

“Atas nama nama nelayan Jaya Mandiri mengucapkan banyak terimakasih kepada PT Timah atas kepeduliannya dengan alam sekitar dan kami sebagai nelayan,” terang Kasdi

Sementara itu, Penyuluh perikanan pada Dinas Kelautan dan perikanan Bangka Barat Ayu Permatasi menyampaikan, penanaman mangrove sangat bermanfaat baik kepada lingkungan, biota laut di kawasan pantai dan nelayan.

Baca Juga :  Terima Paket Sembako dari PT Timah Tbk, Nenek Ana Bisa Buat Ketupat Lebaran Nanti

“Terimakasih banyak kepada PT Timah yang telah menbantu kegiatan ini, manggrove memiliki banyak manfaat seperti memecah arus, gelombang, apalagi sekarang musim hujan, pasang arus naik, menyebabkan lumpur naik. Mangrove ini menyerap lumpur di dasar pantai, sehingga sangat bermanfaat sekali,” tutupnya.

Penyerahan bantuan bibit manggrove diserahkan Tim CSR PT Timah Tbk kepada ketua kelompok nelayan Kasdi dan anggota, disaksikan penyuluh perikanan Dinas Kelautan Kelautan Perikanan Bangka Barat Ayu Permatasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *