Perdana, Penyaluran Sumbangan Mitra KIP PT Timah untuk Masyarakat Melalui Bank – Disalurkan Melalui Bank BRI

by -0 Views

MUNTOK – Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah menyosialisasikan penyaluran sumbangan produksi Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Laut Belo Laut, Bangka Barat untuk masyarakat dengan menggunakan sistem perbankan yakni melalui Bank BRI, Jumat (15/1/2021).

Selain sosialisasi penyaluran sumbangan, juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial pembagian 200 paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan.

Kapolres mengatakan, sebelumnya panitia sumbangan KIP Belo Laut sudah menyepakati bentuk sumbangan dari KIP yang akan dibagikan kepada masyarakat, sumbangan ini nantinya juga akan digunakan untuk membangun desa Belo Laut.

“Minggu lalu kita sudah bertemu dengan para pihak dan kita sepakat untuk bersama-sama membangun Belo Laut, untuk menjadi contoh bagi masyarakat wilayah Bangka Barat yang kita cintai ini. Distribusi sumbangan yang kita sepakati dengan PT Timah, Mitra, dan masyarakat melalui pihak perbankan yaitu Bank BRI,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini sebanyak 916 rekening masyarakat dan 32 rekening nelayan sudah terkumpul. Pada Bulan Januari, Mitra PT Timah telah menyalurkan dana bagi 884 rekening masyarakat senilai Rp 550 ribu dan ke rekening 32 nelayan sebesar Rp 650 ribu.

“Bulan Januari ini dari 916 rekening, 884 rekening masyarakat sudah ditransfer sebesar Rp 550 ribu dan untuk nelayan dari 180 nelayan baru 32 nelayan minta dibuatkan rekening dan sudah ditransfer sebesar Rp 650 ribu,” katanya.
Kapolres mengatakan, nominal sumbangan yang akan diberikan fluktuatif berdasarkan hasil produksi dari KIP itu sendiri. Menurutnya, dengan disalurkannya sumbangan melalui rekening maka sumbangan langsung diterima masyarakat tidak melalui panitia.
“Ini akan berkembang, karena berdasarkan produksi bulan Desember itu baru sekitar 50% produksi yang dihasilkan. Mudah-mudahan di bulan berikutnya produksinya bertambah, sehingga masyarakat yang mendapatkan sumbangan dari Mitra ini bisa lebih banyak, dan hasilnya lebih dirasakan oleh masyarakat,”terangnya

Baca Juga :  PT Timah Tbk Bantu Sukseskan Kegiatan Pemuda di Belo Laut

‘Saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Belo Laut. Mari kita bersinergi untuk membangun desa Belo Laut. Terimakasih juga kepada panitia, yg sudah ada, yang sudah mengawal terlaksananya pendistribusian sumbangan,” sambungnya.

Ia mengajak, masyarakat yang belum mengumpulkan data untuk membuat rekening segera mengumpulkan data kepada panitia, sehingga nantinya bisa langsung merasakan sumbangan hasil produski KIP. Dirinya juga menyebutkan, masyarakat tak perlu khawatir bagi yang belum membuat rekening uangnya masih tersimpan di rekening mitra penampung.

“Jadi begitu bapak-ibu membuat rekening uangnya langsung dimasukkan kedalam rekening yang nantinya dibuat, saya minta seperti itu,”harap Kapolres

Kapolres berpesan, hadirnya KIP diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, program yang bisa mendukung agar dapat dikomunikasikan oleh semua pihak.
“Kemudian program-program lain, saya minta dan saya harapkan apa yang bisa mendukung kegiatan masyarakat, fasilitas-fasilitas yang perlu dibangun silahkan dibicarakan kepada masing masing panitia di dusun. Jangan sampai dengan adanya produksi di perairan Belo Laut, masyarakat itu tidak mendapatkan manfaat, supaya masyarakat dapat peningkatan kesejahteraan,”tutup Kapolres

Baca Juga :  Peduli Nelayan, PT Timah Bantu Nelayan 10 Unit Mesin Tempel.

Sementara itu Perwakilan BRI Rian menjelaskan bantuan untuk KIP sudah terdata dan telah siap disalurkan. BRI akan menyiapkan Mobil keliling untuk penyaluran dana sumbangan kepada masyarakat.
Proses penyaluran bantuan dari KIP sudah betul betul terdata dan penyalurannya langsung dari rekening penampungan ke rekening masyarakat.
“Untuk penyaluran sudah kami salurkan per hari Senin, (17/1/2021) transaksi penarikan sudah bisa dilakukan masyarakat,” katanya.
Menurutnya, untuk penyaluran yang semula direncanakan menggunakan kartu ATM terpak
sa ditunda lantaran ada beberapa kendala. Namun, pihaknya akan memberikan fasilitas penarikan tunai dengan mobil keliling sehingga masyarakat tidak harus ke Bank.
“Mobil langsung ke tiap dusun. Senin ini buat masyarakat yang sudah memiliki rekening agar berkumpul agar langsung digunakan uangnya. Bagi yang belum mohon untuk warga segera melakukan pengumpulan KTP dan KKnya, karena sayang, kalau kita sudah diberi rezeki, diambil rezekinya,”jelas Rian

Sosialiasasi ini turut dihadiri Kabag Waskip Sugartha, Kadus dusun 2 David, Perwakilan Mitra, Staff CSR Unmet Setiawan, Panitia KIP, Kasat Intel ,Kasat Polair, serta masyarakat penerima bantuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *