PT Timah Dukung Lahan Bekas Tambang Jadi Destinasi Wisata dan Lahan Ketahanan Pangan

by -0 Views

MUNTOK, – Kepala Bidang Sekretariat Unit Metalurgi PT Timah, Suryadi Djabar Hamid mewakili PT Timah, saat menghadiri kegiatan Danrem 045 Gaya meninjau Lahan Ketahanan Pangan Kodim 0431 Bangka Barat, Jum”at (10/7/2020).

Lahan eks tambang ini disulap oleh Dandim 0431 Bangka Barat menjadi Wisata Alam dan lahan ketahanan pangan.

“Sebagai Perusahaan yang berwawasan lingkungan, PT Timah melalui Unit Metalurgi mendukung pemanfaatan hutan exs tambang menjadi Kawasan Hutan Wisata dan lahan ketahanan pangan,” kata Suryadi Jabar.

Lahan ini ditanami tanaman palawija seperti jagung , kacang kacangan, pembiakkan jamur, pembimbitan madu. Selain itu, juga dibangun tambak pembiakkan ikan air tawar, dan kolam pemancingan Untuk mendukung wisata Hutan.

Baca Juga :  Tim Voli PT Timah Ikut Meriahkan Gubernur Cup Open 2022.

“Diharapkan lokasi ini menjadi Wisata baru Bangka Barat , srkaligus proyek percontohan ketahanan Pangan di Bangka Barat umumnya Bangka Belitung,” katanya.

Sementara itu Dandim 0431 Bangka Barat Letkol Inf Agung Dwi Perkasa menyampaikan ide pembuatan Lahan Ketahanan Pangan menjadi Wisata Alam tercetus dari Instruksi pimpinan TNI.

“Ide tercetusnya berawal dari instruksi komandan di atas, agar memanfaatkan lahan tidur menjadi Lahan ketahanan pangan. lalu melihat kondisi cultur tanah saya ingin juga selain menanam tanaman pangan,juga mengubah lahan exs tambang menjadi kolam pembibtan dan pemancingan ikan, selain tu memelihara unggas, dan sapi,”terang Dandim

Baca Juga :  PT. Timah Salurkan CSR Untuk Reyhan, Bocah Korban Pecahan Piring

Ia melanjutkan “Ide tsb ternyata didukung oleh pihak pihak lain seperti PT Timah, Dinas Kehutanan Babel, Dll,. Sehingga dalam waktu kurang lebih sebulan, lahan exs tambang tsb saat ini menjadi tempat Wisata alam, hal ini diharapkan memacu masyarakat mencontoh apa yang kami lakukan,”bebernya

Dalam kunjungan Danrem 045 Gaya, Dandim mengatakan Danrem cukup puas apa yang telah dilakukan, dan ia juga ingin tempat-tempat lain juga seperti ini,”tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *