Sulap Lahan Exs Tambah Menjadi Lahan Hijau, Poktan Sekar Biru Raih Penghargaan Terbaik Tingkat Nasional.

by -129 Views

Kelompok Tani (Poktan) Makmur desa Sekar Biru, Kecamatan Parittiga berhasil meraih cluster terbaik tingkat nasional bidang peternakan/perikanan dari  Bank Indonesia (BI)

Ketua Poktan Sekar Biru Rahmad menyampaikan Hal ini berkat binaan dari BI, dukungan Kepala Desa Sekar Biru, serta Camat Parittiga Madrisa berhasil menyulap lahan exs tambang di Sekar Biru menjadi lahan yang produktif dan hijau.

Saat berbincang dengan wartawan, Rahmad mengatakan fokus keberhasilan ini mengangkat lahan exs tambang menjadi lahan hijau dan produktif dan hijau.

“Fokus mengangkat eks tambang jadi hijau, merubah seluruh bahan baku limbah kelapa sawit, batang padi, pabrik tempe sehingga bobot sapi limonisin kami tiap harinya bertambah dua setengah kilo perhari. Dari limbah peternakan, kotoran padat air kencing kita oleh menjadi pupuk berkualitas. Akhinya lahan eks tambang di Desa, Sekar Biru jadi subur dan hijau. Jadi kawasan teritegrasi,”  7jelas Rahmad usai bertemu Bupati Bangka Barat, Markus, Rabu (4/12/2019).

Baca Juga :  Harga Sawit Anjlok, Pemda Babar Surati Perusahaan Sawit

Bahkan menurutnya Limbah kelapa sawit, batang padi, pabrik tempe disulap menjadi pakan dan pupuk berkualitas. Pakan buatan tersebut membuat bobot sapi limosin bertambah 2,5 kilogram perhari.

Sebelumnya Camat Parittiga Madirisa, akan menjadikan Sekar Biru, sebagai desa percontohan bagi sembilan desa di Kecamatan Parittiga lainnya.

“Tak hanya menjadi percontohan, namun Madirisa, juga akan memboyong para kades serta perangkat desa lainnya, untuk melihat langsung sektor peternakan/perikanan Kelompok Tani (Koptan) Makmur Desa Sekar Biru, yang dinobatkan sebagai cluster terbaik tingkat nasional pendukung ketahanan pangan.

“Nanti kalau ada acara forkopimda saya akan undang perwakilan sembilan desa lainnya untuk melihat langsung potensi peternakan dan pertanian ke sekar biru. Biar tahu bagaimana peluang serta cara poktan Makmur mengelola potensi tersebut,” kata Madirisa Rabu (4/12/2019)

Baca Juga :  Anak Bawah Umur Cabuli Teman Sepermainannya Sendiri, Ibu Korban Lapor ke Polsek Jebus

Bupati Bangka Batat Markus SH mengapresiasi kinerja perangkat serta Poktan Makmur desa Sekar Biru, yang telah berhasil mengharumkan nama Bangka Belitung di kancah nasional.

Dirinya berharap, keberhasilan Poktan Makmur Desa Sekar Biru ini bisa menjadi, pemacu motivasi desa lainnya yang ada di Bumi Sejiran Setason lainnya.

“Kami apresiasi kerja keras serta semangat kawan kawan di Poktan Makmur desa Sekar Biru, tentunya tidak mudah meraih prestasi tingkat nasional ini. Kami harap nantinya desa desa lain mengikuti jejak keberhasilan poktan Makmur ini,” harap Markus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *