Desa Air Putih Dapat Penyuluhan Stunting Dari IIKT

by

Muntok – Desa Air Putih mendapat penyuluhan dan pemeriksaan terhadap anak yang mengalami dan terindikasi stunting, oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Ikatan Istri Karyawan Timah ( IIKT ) Muntok, Kegiatan dipusatkan di Posyandu Desa Air Putih, Kecamatan Muntok. Kamis ( 14-3-2019 ).

Ketua IIKT Muntok, Dini Palupi Wiyono mengatakan kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan PT Timah Tbk terhadap program pemerintah dalam mengatasi Stunting.

” Jadi Ikatan Istri Karyawan Timah tentunya juga didukung oleh PT Timah Tbk, kita mengadakan pemeriksaan terhadap anak – anak yang terindikasi Stunting, jadi kami lakukan pemeriksaan disini,” kata Dini.

Sebelumnya IIKT Muntok menurut Dini, bersama dengan dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Umum Daerah Sejiran Setason telah melakukan survey ke beberapa desa yang ada di Muntok untuk memeriksa anak – anak yang terindikasi stunting.
Setelah dilakukan pemeriksaan, dalam waktu tiga bulan kedepan, pihaknya akan melakukan program pendampingan serta memberikan suplemen, vitamin serta makanan bergizi bagi anak yang terdeteksi Stunting.

Baja Juga :  Pemkab Bangka Barat Apresiasi Kepedulian PT Timah

” Kalau disini kegiatannya pemeriksaan. Jadi pemeriksaan oleh dokter spesialis anak, Dr. Mina Sp.A. Setelah itu anak tersebut akan diberikan resep oleh dokter misalnya vitamin apa dan suplemen yang harus diberikan. Nanti selama tiga bulan kedepan kami akan mendampingi. Setelah diberikan resep oleh dokter kami dari IIKT akan mendampingi anak tersebut misalnya dia perlu suplemen apa nanti kami akan sediakan suplemennya,” Jelasnya.

Selain itu, Dini melanjutkan pihaknya juga telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat dan Puskesmas. Pihaknya juga telah melakukan pendataan ulang bagi anak – anak yang terdeteksi Stunting. Untuk saat ini, pihaknya telah mendampingi sekitar 28 anak yang terindikasi stunting.

“Jadi kita tinggal mensurvey ulang saja, kalau data lengkapnya memang ada di Dinas kesehatan dan Puskesmas, kita tinggal mendata ulang saja dan anak – anak di Muntok ini yang kami dampingi untuk saat ini ada sekitar 28 anak. Jadi 14 anak di Desa Air Putih dan 14 anak lainnya tersebar di kota Muntok nya,” Ujar Dini.

Baja Juga :  CSR BENTUK KEPEDULIAN PT TIMAH KEPADA MASYARAKAT, Sampai September disalurkan 380 juta

Dini menambahkan pemeriksaan dan pendampingan anak – anak stunting ini baru pertama kali dilakukan di desa Air Putih. Untuk selanjutnya kegiatan yang sama akan dilakukan di TK Stania, Peltim pada 21 maret 2019 mendatang.

” 14 anak lagi rencananya tanggal 21 maret 2019 di TK Stania, Peltim untuk pemeriksaan anak – anak yang berada di wilayah Muntok sekitarnya, misalnya Tanjung, Sungai Daeng cuma karena di desa Air putih ini lumayan banyak ya jadi kami fokuskan disini,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *