SEDEKAH KAMPONG KUNDI BERSATU

by -859 Views

Mentok, Sedekah Kapong Kundi Bersatu merupakan adat istiadat masyarakat desa Kundi yang dilaksanakan setiap tahun sebagai wujud keseriusan masyarakat desa Kundi dalam mempertahankan adat istiadat serta budaya lokal desa Kundi dengan tujuan menunjang pariwisata budaya dalam skala desa.


Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, MM, dan Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, SH yang hadir dalam acara tersebut menyatakan harapannya agar Sedekah Kapong Kundi Bersatu terus berkembang dan dipertahankan.

“Terus lestarikan dan pertahankan kegiatan ini sebagai salah satu wisata budaya di Kabupaten Bangka Barat. Saya berharap kegiatan Sedekah Kapong Kundi Bersatu ini dapat mewariskan aturan yang membawa ke arah positif, menumbuhkembangkan budaya silaturahmi sesama daerah, budaya gotong royong dan kebersamaan antar masyarakat”, ujar Parhan

Baca Juga :  MTI Sarana Edukasi Sejarah Pertambangan Timah

Ditambahkan oleh Wabup Markus, acara Sedekah Kampong Kundi Bersatu ini hendaknya dilihat sebagai media untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan antar masyarakat dalam ruang lingkup Kundi Bersatu.


“Kundi Bersatu kan terdiri dari tiga desa. Melalui acara ini saya sangat berharap agar kekompakan dan keharmonisan tetap terbangun antar masyarakat sehingga kegiatan ini dapat tetap dipertahankan”, katanya.

Rangkaian acara sedekah Kapong dimulai pada Sabtu (18/8) dengan kegiatan khataman massal dan acara adat. Selanjutnya, pada Minggu (19/8), acara dilanjutkan dengan arak-arakan khataman yang didampingi oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, SH. Tari sambut dan atraksi silat juga dipertunjukkan untuk menyambut tamu undangan yang turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kepala Biro Kesra Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung, Anggota DPRD Bangka Barat, Kepala Kejaksaaan Negeri Bangka Barat, Pejabat eselon II dan III Kabupaten Bangka Barat, Ketua TP PKK dan perwakilan DWP, Camat Simpang Teritip dan Kepala Desa dalam lingkup Kundi Bersatu beserta jajaran.

Baca Juga :  Danu Aprianto Dan Septaviona Sabet Bujang Dayang Babar 2019

Disebutkan oleh Ketua panita kegiatan, Alwi Pacung, sejak awal pelaksanaannya sampai pada tahun 2018 ini, Sedekah Kapong Kundi Bersatu sudah dilaksanakan sebanyak 75 kali dan berharap akan tetap dilaksanakan di tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *