25 Mahasiswa IPB Gali Potensi di Bangka Barat

by -425 Views

Muntok, Sebanyak 25 mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik di Kabupaten Bangka Barat selama 40 hari. Mereka melakukan kegiatannya di 4 Desa/Kelurahan diantaranya Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa, Desa Kundi Kecamatan Simpangteritip, Desa Air Belo, dan Dusun Sukal Desa Belo Laut kecamatan Muntok. Para mahasiswa telah melakukan aktifitas KKN di masing-masing desa pada 12 Juli sampai dengan 20 agustus 2018 mendatang.


Dalam acara serah terima Mahasiswa KKN IPB kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Barat yang dilaksanakan di OR II, Setda Bangka Barat, mahasiswa yang didampingi oleh dosen pendampingnya, Katana Sapanli, diterima oleh Sekretaris Daerah, H. Yunan Helmi beserta Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Rozali, Asisten Administrasi dan umum, Herzon, beserta beberapa Kepala OPD, Camat, lurah/kepala desa serta undangan lainnya.

Baca Juga :  "Gebyar Baca" Diharapkan Dapat Menggairahkan Minat Baca Masyarakat

Dalam sambutannya, H. Yunan mengapresiasi kehadiran mahasiswa IPB di Bangka Barat. Kegiatan ini merupakan sinergi antara pemerintah dengan institusi pendidikan.

“Pemkab menyambut baik kegiatan ini sehingga dapat bersinergi dengan mahasiswa peserta KKN. Diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan motivasi warga desa untuk sekolah. Memberi motivasi warga untuk maju lewat belajar sehingga memiliki motivasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi” ujarnya.

Yunan berpesan agar mahasiswa dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk memberikan motivasi kepada masyarakat desa dengan terus berkoordinasi dengan kepala desa setempat. “40 hari tidaklah begitu lama. Segala persoalan silakan komunikasikan dengan kades maupun camat setempat. Kita harapkan KKN berjalan sukses. Jaga kesehatan, jangan terlalu capek agar maksimal hasilnya” katanya.

Baca Juga :  3147 Pelajar Ikuti Pelaksanaan UNBK dan UNKP

Para mahasiswa itu melakukan KKN di Bangka Barat untuk menggali potensi di bidang pertanian dan peternakan di kelurahan kelapa, potensi pertanian khususnya tanaman lada di Desa Kundi, potensi pariwisata di Desa Air Belo dan potensi kelautan dan peternakan di Desa Belo Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *