Pemkab Ba-Bar jaga Kelestarian Pesisir Pantai

by

MUNTOK – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melakukan penanaman pohon dan bersih pantai dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan pesisir dari pencemaran lingkungan melaksanakan kegiatan pantai dan laut lestari. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Batu Rakit Muntok.Kamis (12-7-2018)


Kegiatan di buka oleh Staf ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Iduwan, hadir Ketua DPRD Hendra Kurniady, dengan melibatkan unsur pelajar, petugas kebersihan, tokoh agama dan masyarakat, TNI, Polri, serta seluruh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur muspida di lingkungan Pemkab Bangka Barat, PKK, Dharma Wanita Persatuan serta masyarakat diisi dengan penanaman pohon dan bersih-bersih sepanjang pantai batu rakit.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Barat yang dibacakan Staf Ahli bidang pemerintahan dan SDM mengajak masyarakat agar terus menerus berperan aktif dalam mewujudkan kelestarian pantai dan laut.

Baca Juga :  Kapal Pesiar Australia Akan Berwisata Ke Tanjung Kalian

”Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan penyadaran tentang bahaya pencemaran pantai dan laut, kebersihan pantai dan laut harus terus menerus kita tingkatkan dengan mendorong masyarakat untuk berperan serta dalam pengendalian pencemaran dengan memilah sampah organik dan sampah nonorganik,”ujarnya.

Iduwan juga mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai langkah awal kita untuk berkomitmen menumbuhkembangkan kesadaran kita serta menjaga dan melestarikan lingkungan pantai dan laut kita. Dia berharap agar OPD bersinergi dengan OPD terkait untuk turut serta mensosialisasikan program ini.

”Mari bersama-sama mewujudkan daerah pantai dan laut yang terjaga kelestariannya. Usaha ini tak akan terwujud tanpa adanya dukungan dari masyarakat sekitar, pemerintah dan para pelaku usaha serta komitmen kita bersama-sama demi terjaganya kelestarian lingkungan pantai dan laut di sekitar kita,”harapnya.

Baca Juga :  Ribuan Pengunjung Tumpah Ruah Tonton Pergelaran seni Bersanje

Disela-sela acara dilakukan penanaman sejumlah pohon ketapang kencana di sekitar pantai batu rakit oleh tamu undangan dan diikuti masyarakat sekitar. Acara semakin menarik dengan tampilnya pembacaan puisi karya pelajar-pelajar di Kota Muntok dengan tema kelestarian pantai. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pembagian hadiah doorprice yang merupakan partisipasi dari pelaku usaha, BUMN dan swasta di Bangka Barat sebagai salahsatu wujud dukungannya terhadap kegiatan bersih lantai laut lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *