Pemkab Bangka Barat dan Poltekes jalin kerjasama di bidang kesehatan.

by -593 Views

Muntok. Bupati Bangka Barat, Parhan Ali melakukan penandatanganan MoU dengan Direktur Poltekes Kemenkes Yogyakarta di Gedung Graha Husada Poltekes Yogyakarta. Rabu (4-7-2018)

Penandatangan MoU ini sebagai tanda kesamaan kepentingan dalam mewujudkan peningkatan kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Bangka Barat.

Direktur Poltekes, Joko Susilo dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Barat atas inisiatifnya mewujudkan kerjasama ini. “Kepentingan dan tujuan kita sama. Tri darma perguruan tinggi yang menjadi landasan institusi semakin mudah tercapai dengan sinergisitas yang terjalin dengan pemerintah, salah satunya pemerintah Kabupaten Bangka Barat” imbuhnya.

Beliau juga menjelaskan, ada banyak hal yg bisa di lakukan bersama selepas MoU ini di tanda tangani. Semua dilakukan demi kemajuan institusi dan tentunya untuk kepentingan masyarakat khususnya di Bangka Barat.

Selain itu, Bupati Bangka Barat, Parhan Ali menyebutkan bahwa kerjasama ini sebagai dasar yg baik untuk mencanangkan berbagai program yang terkait dengan kesehatan masyarakat di Bangka Barat.

Baca Juga :  Wabup Resmikan Gedung Bank Syariah Bangka Belitung Cabang Muntok

“Kami sangat mengapresiasi kesediaan Poltekes Kemenkes Yogyakarta yang siap menjadi mitra kami dalam membantu mewujudkan masyarakat Bangka Barat yang sehat” kata Parhan.

Selain itu, Parhan juga menyoroti berbagai persoalan yang terjadi di Bangka Barat, khususnya di bidang kesehatan, diantaranya pemenuhan dan peningkatan SDM kesehatan, pelatihan, penggalakan upaya promotif dan preventif, serta pelaksanaan riset sebagai data dasar dalam perencanaan program.

“Dalam waktu dekat kami meminta bantuan pihak Poltekes untuk membantu proses pelaksanaan riset yang terkait dengan penyebab stunting di wilayah Kabupaten Bangka Barat, dan ini adalah persoalan yang harus dikendalikam secara serius di Kabupaten kami”. Tambahnya lagi.

Senada dengan Bupati Bangka Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Achmad Syaifudin menyampaikan penghargaannya kepada Poltekes Yogyakarta yang siap membantu menyelesaikan beberapa masalah kesehatan di Kabupaten Bangka Barat.

Baca Juga :  Akibat Pandemi, 105 Jemaah Haji Asal Bangka Barat Batal Berangkat Ke Tanah Suci

“Terima kasih kami kepada Direktur Poltekes Yogyakarta dan jajarannya, atas sambutan dan kerjasama yang akan terjalin” kata Achmad.

Setelah penandatangan MoU ini kemudian dilanjutkan dengan penandatangan MoA antara Direktur Poltekes dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat terkait beberapa rencana aksi yang akan dilakukan.

Selain Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan, beberapa pejabat Kabupaten Bangka Barat yang hadir dalam kegiatan ini yakni Asisten II bidang pemerintahan, Kepala BP2RD, Kabag Hukum, Kabid Penelitian Bappeda, dan bagian Pemerintahan. Sedang dari Poltekes selain Direktur, dihadiri juga oleh Pembantu Direktur I, II, dan III serta beberapa unsur civitas akademik perguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *