Sejumlah Profesor Kunjungi Muntok

by

MUNTOK, 4 Mei 2018 – Bupati Bangka Barat, H Parhan Ali bersama pejabat tinggi dilingkungan Pemkab Bangka Barat menyambut kedatangan anak sang proklamator, putri pertama Drs. Moh. Hatta, Ibu Prof. Meutia Hatta dalam acara ramah tamah di rumah dinas Bupati Bangka Barat, Jumat (4/5).

Kedatangan Ibu meutia hatta didampingi oleh DR. Hasan Wirajuda (mantan menteri luar negeri), DR Rushdy Hussein (Sejarahwan diplomasi RI), Prof. Hamid Hasan (guru besar sejarah UPI Bandung), dan Meidyatama Suryodiningrat dalam rangka sebagai narasumber dalam sarasehan yang diadakan pada Sabtu, (5/5) di Museum Timah Indonesia.

Dalam kesempatan itu Meutia menyampaikan kegembiraannya dapat berkunjung kembali ke kota Muntok, untuk saling mengingatkan akan perjuangan para tokoh kemerdekaan.

“kita hadir mengingatkan kembali pada sejarah perjuangan para tokoh-tokoh yang di sini. Kita tahu Bung Karno dan Bung Hatta, Tokoh pemerintah generasi pertama, pernah diasingkan kembali, dan yang penting Bung Karno dan Bung Hatta bukan menjabat sebagai presiden dan wakil presiden saat itu, artinya Belanda tidak pernah menguasai pemerintah Indonesia. Bagi anak muda hal ini penting ,negara kita tidak pernah dikalahkan oleh Belanda” ujar Prof Metia yang juga dikenal sebagai ahli antropologi.

Baja Juga :  Kemeriahan Karnaval HUT RI Di Bangka Barat

Menurut Meutia, Bangka adalah tempat yang sangat penting dan merupakan salahsatu bagian dari episode sejarah perjuangan mempertahankan Indonesia. Cara pandang inilah yang nantinya akan dikupas para nara sumber dalam acara sarasehan.

Bupati Bangka Barat H.Parhan Ali yang bertindak sebagai tuan rumah bersama Sekretaris Daerah Yunan Helmi dan seluruh kepala OPD , menyambut kedatangan Anak sang Proklamator, Meutia Hatta dengan sangat gembira. Dia berpesan dengan kedatangan para Profesor di negeri sejiran setason akan membawa pencerahan bagi masyarakat Bangka Barat.

Baja Juga :  Pemkab Bangka Barat dan Poltekes jalin kerjasama di bidang kesehatan.

“Generaasi muda harus lebih semangat melanjutkan perjuangan Bapak pendiri bangsa. Kita merasa bangga, besok kita akan mendapat pencerahan, kita ambil hikmahnya, melaksanakan tugas bagaimana berjuang.” Ujar Parhan.

Acara berlangsung penuh keakraban dengan iringan musik melayu dan kuliner khas Kota Muntok. Acara bertambah meriah dengan penampilan dari Staf Ahli Bupati, Saiful Pudri dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Suwito yang melantunkan lagu untuk para tamu undangan. (Rilis Bag KHP/M. Muhaimin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *