Wabup Hadiri Pesta Adat Dodol Bergema

by -503 Views

TEMPILANG, 25 April 2016 – Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, SH saat menghadiri pesta adat dodol bergema mengharapkan agar masyarakat selalu mempererat dan bersatu dengan mempertahankan budaya “Dodol Bergema” sebagai aset budaya yang menjadi ciri khas masyarakat Desa Penyampak, Kecamatan Tempilang, Bangka Barat.

“Makna dari dodol bergema adalah kegiatan yang dapat mempererat dan menyatukan masyarakat Desa Penyampak untuk bergerak bersama-sama untuk hidup lebih baik dan lebih maju sesuai perkembangan zaman dengan tidak melupakan adat dan budayanya” ujarnya saat menghadiri pesta adat dodol bergema, Rabu (25/4) di Desa Penyampak.


Markus mengatakan bahwa tujuan dari pesta adat dodol bergema untuk melestarikan adat budaya dan tradisi serta memperkenalkan kepada generasi muda, mempererat tali silaturahmi antar masyarakat desa Penyampak pada khususnya dan masyarakat luar pada umumnya.

Baca Juga :  Kurang Dari 24 Jam TIM Gabungan Reskim Polres Babar dan Polsek Tempilang Ringkus Pelaku Penikaman

“Kegiatan ini hendaknya dijadikan aset budaya daerah yang harus dipertahankan, dikembangkan dan ditingkatkan, karena acara ini dapat menjadikan salah satu wisata budaya di Kabupaten Bangka Barat” harap Markus.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M, Rivai mengharapkan agar dodol produksi dari Desa Penyampak dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat dengan meningkatkan produksi sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Penyampak.

Sementara itu, Kepala Desa Penyampak Allani, SE mengatakan bahwa pesta adat dodol bergema tahun ini dimeriahkan dengan pembuatan dodol secara serentak sebanyak 67 kawah yang merupakan partisipasi dari masyarakat Desa Penyampak.

Baca Juga :  Tabrak Truk Parkir, Pengendara Vixion Dirujuk Ke Rumah Sakit

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemprov yang telah menghadiri undangan dan Pemkab Bangka Barat yang telah memberikan bantuan setiap tahun dalam acara pesta dodol bergema ini” ujar Allani.


Sebagai wujud apresiasi kepada peserta, wakil Bupati juga memberikan doorprice kepada salahsatu pemilik kawah dodol yang beruntung. Disela-sela acara juga dilaksanakan Pembagian kartu BPJS, kepada masyarakat. (Rilis Bag KHP/ M. Muhaimin/Ft: Trisman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *