Ribuan Masyarakat Bangka Barat Berkumpul Tolak HTI

by -1181 Views

Muntok. Ribuan warga Bangka Barat berkumpul di lapangan Air Belo dalam rangka mendukung penolakan hutan tanaman industri (HTI) di Bangka Barat. Masa datang dari 6 kecamatan di Bangka Barat menyatukan tekad di tandai dengan deklarasi Forum Perjuangan Bangka Barat Bersatu (FPBBB) dan penandatanganan penolakan terhadap HTI disertai simulasi masyarakat tentang penolakan HTI. Aksi dihadiri oleh Pengurus FPBBB, anggota DPRD propinsi Babel Subandri, Anggota DPRD,Bangka Barat Yuhanis, Adi Cipto Atmo, Rusdian, Sayuti, Herwanto,Camat, Kades, serta Masyarakat Bangka Barat pada hari Sabtu (6-1-2018)

Ketua Forum.Perjuangan Bangka Barat Bersatu (FPBBB) Arbiyanto mengatakakan Aksi masyarakat yang tergabung dalam FPBBB bertujuan menyatukan tekad untuk menolak keberadaan HTI di Bangka Barat. Ia juga mengatakan Aksi diikuti oleh perwakilan di enam kecamatan di Bangka Barat. didukung oleh Anggota DPRD Bangka Belitung, DPRD Bangka Barat, Kades serta Masyarakat Bangka Barat.

Baca Juga :  Penertiban TI Rambat hari ini pukul 08.00, 10 Agustus 2017

“Tujuan deklarasi ini adalah untuk menyatukan tekad untuk menolak keberadaan HTI di Bangka Barat,. Aksi diikuti oleh perwakilan di enam kecamatan di kabupaten Bangka Barat. Aksi didukung oleh anggota DPRD Bangka Belitung dan Bangka Barat, Kades dan Masyarakat yang hadir,” kata Bang Yan (panggilan akrab Arbiyanto

Menurut Arbi rencana keberadaan HTI saat ini meresahkan masyarakat, sekitar +-66.400.hektar dari 70.000 hektar lahan yang ada akan digarap HTI, tentu akan membuat masyarakat Bangka Barat sengsara. Dikatakan FPBBB bersama akan mempertahankan lahan sampai titik darah. penghabisan.

“Rencana izin untuk.HTI sebanyak +- 66,400 hektar lahan dari sekitar 70.000 hektar lahan yang tersisa di Bangka Barat, sangat meresahkan masyarakat yang justru membuat masyarakat sengsara. FPBBB bersama masyarakat akan mempertahankan lahan tersebut sampai titik darah penghabisan,”tandasnya

Baca Juga :  Dewan Propinsi Sesalkan Anarkhisme Di Belitung - Pol PP Harus Diperkuat

Arbi berharap kepada pemerintah untuk segera mencabut izin HTI dan mengusir PT BRS dari Bangka Barat, karena sudah dengan jelas masyarakat Bangka Barat menolak.

“Untuk itu atas nama masyarakat Bangka Barat berharap kepada pemerintah, untuk mencabut izin HTI dan mengusir PT BRS dari Bangka Barat, karena sudah dengan jelas masyarakat Bangka Barat menolak,” harap Bang Yan

Aksi menolak HTI ditandai dengan sambutan dari perwakilan masyarakat di enam kecamatan dan sambutan anggota DPRD Bangka Belitung Subandri serta deklarasi pengukuhan FPBBB, dibacakan oleh Yuhanis SE (anggota DPRD Bangka Barat), ditutup dengan penandatanganan komitmen dukungan menolak HTI di Bangka Barat. Aksi berjalan dengan aman, dengan pengamanan dari pihak kepolisian dan TNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *